androidvodic.com

Penting Jaga Asupan Nutrisi Selama Bulan Ramadan   - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Menjalani ibadah puasa selama satu bulan penih pada bulan Ramadan tentu merupakan hal yang wajib dilakukan oleh umat Islam di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Namun perlu dicatat bahwa berpuasa membuat kita tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam.

Lalu bagaimana cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat saat berpuasa dalam waktu yang cukup lama?

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman mengatakan bahwa kebutuhan nutrisi yang tercukupi dengan baik selama Ramadan, tidak hanya dapat membantu kita menghindari beberapa efek samping umum dari puasa seperti pusing atau dehidrasi saja.

Namun juga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh untuk melewati hari.

Berikut tiga tips Ramadan sehat yang bisa dilakukan selama menjalani ibadah puasa, meliputi:

1. Tetap terhidrasi

Susan mengatakan bahwa mengkonsumsi air merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

"Asupan cairan memungkinkan sebagai transportasi nutrisi, eliminasi produk limbah, regulasi dan pemeliharaan suhu tubuh, pemeliharaan sirkulasi dan tekanan darah, pelumasan sendi dan jaringan tubuh serta fasilitasi pencernaan," kata Susan, dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (8/4/2023).

Pastikan bahwa anda mengkonsumsi cukup air sepanjang malam, yakni 8 gelas air yang dapat didistribusikan menggunakan metode 2-4-2.

Metode tersebut rinciannya adalah 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas dari setelah berbuka hingga waktu tidur, dan 2 gelas selama sahur.

2. Pilih makanan sederhana yang kaya nutrisi

Meskipun anda ingin mengkonsumsi makanan manis untuk berbuka puasa, ini tentu bukan pilihan terbaik karena mengandung tinggi gula dan lemak.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat