androidvodic.com

10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Termasuk Baik untuk Hormon, Jantung hingga Mengontrol Gula Darah - News

News - Puasa rupanya memiliki banyak manfaat, selain saat ini menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1445 Hijriah tahun 2024, juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa puasa dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan umur panjang, dan mencegah kelebihan berat badan.

Kerry Torrens, ahli gizi yang terdaftar dengan diploma pascasarjana di bidang Personalized Nutrition & Nutritional Therapy juga ikut memelihat ilmu di balik klaim tersebut dan bagaimana puasa mungkin cocok dengan gaya hidup modern kita.

Lantas berikut manfaat puasa untuk kesehatan, mengutip bbcgoodfood.com:

1. Baik untuk Hormon dan Mempengaruhi Metabolisme

Ketika berpuasa, tubuh akan beradaptasi melalui perubahan kadar hormon, dan membuat simpanan lemak tubuh lebih mudah diakses.

2. Dapan Membantu Penurunan Berat Badan

Studi menunjukkan bahwa berpuasa dapat membantu penurunan berat badan, menghilangkan lemak berlebih dan meningkatkan lipid darah.

3. Mengontrol Gula Darah agar Stabil

Beberapa penelitian mendukung berpuasa sebagai cara untuk meningkatkan kontrol gula darah dan berpotensi mengurangi risiko diabetes, meskipunmemang diperlukan lebih banyak penelitian.

Bagi penderita diabetes tipe 2, manfaat puasa intermiten antara lain menurunkan glukosa puasa dan insulin puasa, menurunkan resistensi insulin, dan menurunkan kadar hormon nafsu makan, leptin.

Baca juga: Resep Es Campur, Bakwan Jagung, dan Seblak, Yuk Dicoba untuk Menu Buka Puasa!

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Penelitian menunjukkan manfaat lain dari puasa yakni terhadap keragaman dan jumlah bakteri menguntungkan di usus.

Hal ini tampaknya memiliki efek menguntungkan untuk perubahan berat badan, ukuran pinggang, dan metabolisme.

Terkini Lainnya

  • Ramadan 2024

  • Berikut ini 10 manfaat puasa untuk kesehatan, selain menjalankan ibadah di bulan Ramadhan 1445 Hijriah/2024 juga dapat untuk detok tubuh.

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat