androidvodic.com

Hadapi Arus Mudik, Korlantas dan Kemenhub Terapkan Pembagian Golongan Kendaraan di Pelabuhan Banten - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan didampingi Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Raden Slamet Santoso menghadiri Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2024 Lintas Penyebrangan Merak-Bakauheni, di Pelabuhan Merak, pada Kamis (14/3/2024).

Dalam kesempatan itu, Aan mengatakan pengelolaan angkutan lebaran dan transportasi yang menuju ke pelabuhan Merak, Ciwandan, Bandar Bakau Jaya (BBJ) telah disiapkan pembagian kendaraan untuk kendaraan roda dua, kendaraan golongan VIII dan IX, serta angkutan barang.

"Untuk arus lalu lintas yang menuju ke penyeberangan baik itu Merak, Ciwandan, BBJ begitu juga di Bakauheni Lampung kita sudah siapkan mulai dari situasi yang normal pembagian untuk kendaraan ke Merak, kendaraan roda dua, kemudian ke BBJ golongan VIII dan IX angkutan barang sudah kita siapkan," kata Aan.

Nantinya akses kendaraan ke Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ juga akan diterapkan beberapa rekayasa lalu lintas. Hal ini guan menyaring kendaraan berdasarkan jenis atau golongannya yang akan dilakukan di Cilegon Timur.

"Ketika nanti ada informasi dari pelabuhan baik dari Merak, Ciwandan maupun BBJ, kita akan melakukan beberapa rekayasa lalu lintas terutama pembagian kendaraan yang akan menuju Ciwandan dan BBJ ada di Cilelegon Timur kita akan saring," ucapnya.

Adapun ketika terjadi situasi peningkatan volume kendaraan, Korlantas dan jajaran terkait akan menerapkan delaying sistem guna mengatur arus masuk kendaraan menuju dermaga atau pelabuhan.

"Ketika situasinya meningkat kita akan berlaku kan delaying sistem untuk mengatur kendaraan yang akan masuk ke dermaga atau pelabuhan sehingga kita akan siapkan buffer zone di di Cikuasa atas nanti ada lahan parkir di situ," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hendro Sugiatno menyampaikan rapat teknis persiapan arus mudik dan balik Lebaran tahun 2024 kurang lebih sama seperti tahun lalu. Di mana Merak, Ciwandan dan BBJ tetap digunakan.

Sedangkan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dikhususkan bagi kendaraan golongan VII dan IX. Pelabuhan Merak untuk angkutan penumpang, dan Ciwandan untuk sepeda motor.

"Pelabuhan Bandar Bakau Jaya dikhususkan untuk kendaraan golongan VII dan IX, di Merak angkutan penumpang dan di ciwandan sepeda motor," kata Hendro.

Kemenhub mengimbau, kepada seluruh masyarakat yang akan melakukan perjalanan menggunakam akomodasi laut, agar membeli tiket H-1 sebelum perjalanan.

Baca juga: Korlantas Antisipasi Kemacetan Akibat Perlintasan Kereta hingga Pasar Tumpah Selama Mudik Lebaran

"Untuk memperlancar pergerakan di pelabuhan saya juga mengimbau kepada masyarakat H-1 harus sudah membeli tiket karena untuk kelancaran dalam arus mudik di pelabuhan ketika H-1 sudah tahu jumlah pemudik maka antisipasi lebih mudah dilakukan di pelabuhan," pungkas dia.

Terkini Lainnya

  • Mudik Lebaran 2024

  • Nantinya akses kendaraan ke Pelabuhan Merak, Ciwandan dan BBJ juga akan diterapkan beberapa rekayasa lalu lintas.

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • Mudik Lebaran 2024

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat