androidvodic.com

Komjen Fadil Imran Perintahkan Jajaran Petakan Daerah Rawan saat Mudik Lebaran 2024 - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran sudah memerintahkan jajarannya untuk memetakan daerah-daerah yang rawan selama periode mudik Lebaran 2024.

Nantinya, patroli akan ditingkatkan untuk melakukan pengamanan di daerah-daerah yang dianggap rawan tersebut.

"Termasuk tentu di dalamnya kami akan meningkatkan patroli di titik-titik rawan baik rawan kemacetan maupun rawan tindak pidana," kata Fadil Imran kepada wartawan di Mako Korsabhara Baharkam Polri, Depok, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024).

Fadil mengatakan pengamanan khusus saat menjelang Lebaran nanti akan dilakukan terpusat dengan sandi Operasi Ketupat 2024 dengan melibatkan banyak personel di seluruh Indonesia.

"Itu (Operasi Ketupat) mengamankan arus mudik, mengamankan tempat ibadah, mengamankan sentra ekonomi, pasar, yang merupakan tempat di mana masyarakat beraktivitas," jelasnya.

Dia berharap dalam pelaksanaan pengamanan Hari Raya Idul Fitri tahun ini bisa berjalan dengan baik dan bisa lebih daripada pengamanan tahun lalu.

"Masing-masing Polda dalam setiap operasi tentu sudah membuat kirka (perkiraan keadaan), di mana titik yang perlu diberikan pengamanan yang optimal baik terbuka dalam bentuk patroli, penjagaan maupun  tertutup dalam pengamanan tertutup lainnya," ungkapnya.

Korlantas Polri sebelumnya memprediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 akan terjadi pada 5 April 2024 mendatang.

Sementara untuk puncak arus balik Lebaran akan terjadi 10 hari setelahnya yakni pada 15 April 2024.

"Puncak mudik itu sekitar tanggal 5 ya antara tanggal 5 April dan puncak baliknya tanggal 15 April. itu kita prediksinya seperti itu," kata Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Pol Raden Slamet Santoso usai menggelar Tactical Floor Game (TFG) di Hotel Borobudur, Rabu (6/3/2024).  

Untuk mengantisipasi kemacetan saat arus mudik dan arus balik tersebut, seluruh jajaran Direktorat Lalu Lintas hadir dalam TFG itu untuk nantinya memahami cara bertindak baik teknis maupun taktis.

"Tadi sudah di TFG kan sudah cukup baik, bagus. Mudah-mudahan ini semua bisa berjalan dengan baik. Sehingga masyarakat dapat melaksanakan beribadah dan mudik dengan baik, sehat, selamat dan nyaman. Itu harapan kita," ucapnya.

Di sisi lain, nantinya Operasi Ketupat akan membentuk Satgas Keselamatan dan Ketertiban Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas), kemudian, mendirikan Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan). 

Terkini Lainnya

  • Mudik Lebaran 2024

  • Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran sudah memerintahkan jajarannya untuk memetakan daerah-daerah yang rawan selama periode mudik Lebaran 2024.

  • Mudik Lebaran 2024

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat