androidvodic.com

Korlantas Polri Gandeng Pengelola Jalan Tol Siapkan Pompa Air, Antisipasi Banjir Saat Mudik Lebaran - News

Laporan wartawan News, Fahmi Ramadhan

News, JAKARTA - Korlantas Polri bakal berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk menyediakan pompa air berukuran besar guna mengantisipasi genangan atau banjir di ruas tol selama arus mudik Lebaran 2024.

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan menjelaskan bahwa antisipasi itu pihaknya lakukan khususnya di ruas tol yang berada di Jawa Tengah yang masih berpotensi turun hujan deras.

"Untuk Jawa, Jawa Tengah terutama ketika terjadi genangan-genangan di tol kita sudah koordinasi dengan pengelola jalan tol untuk menyediakan pompa air yang kapasitasnya besar sehinga cepat menguras genangan air di tol," kata Aan saat Jumpa Pers bersama Kementerian Perhubungan terkait Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 yang digelar secara virtual, Minggu (17/3/2024).

Selain itu Korlantas dijelaskan Aan juga telah memetakan titik-titik banjir di jalur mudik selain tol.

Lanjut ia, bahwa pihaknya pada saat arus mudik nantinya akan mengalihkan masyarakat ke jalur alternatif apabila terjadi banjir.

"Untuk banjir ini kita petakan seperti yang sedang dilakukan di Jawa Tengah kita mencari jalur alternatif sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti biasa. Selama arus mudik juga telah kita persiapkan jalur-jalur alternatif tiap ada bencana," pungkasnya.

Titik Macet

Sebelumnya, Aan juga mengatakan bahwa pihaknya memprediksi akan terdapat penambahan titik kemacetan di ruas Tol Cipali pada saat arus mudik Lebaran 2024 mendatang.

Adapun hal itu dikatakan Aan dalam kegiatan Jumpa Pers Persiapan dan Rencana Operasi Angkutan Lebaran 2024 yang digelar secara virtual, Minggu (17/3/2024).

"Kemudian tol sendiri tadi saya sampaikan ada penambahan titik krusial titik macet di Tol Cipali," kata Aan dalam paparannya.

Selain ini lanjut eks Dirgakkum Korlantas Polri itu bahwa akan terdapat beberapa titik kemacetan di Tol Cisumdawu yang pada musim mudik lebaran tahun ini juga mulai dioperasikan.

Adapun Tol Cisumdawu ini kata Aan nantinya akan digunakan terutama bagi masyarakat Bandung yang akan menuju ke daerah Jawa.

"Ada pertemuan titik dari Cisumdawu dan Cipali ini akan terjadi bottel neck," jelas Aan.

Akan tetapi dijelaskannya bahwa pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan cara menambahkan rambu berupa kun sepanjang 1 kilometer.

Baca juga: Kereta Api Jadi Moda Transportasi Terfavorit Masyarakat Lakukan Pada Mudik Lebaran 2024

"Sehingga ini di pertemuan antara Cisumdawu dan Cipali jalannya smooth tidak terjadi perlambatan atau kemacetan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

  • Mudik Lebaran 2024

  • Korlantas Polri bakal berkoordinasi dengan pengelola jalan tol untuk menyediakan pompa air berukuran besar guna mengantisipasi genangan

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • Titik Macet

  • Mudik Lebaran 2024

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat