androidvodic.com

Ini yang Akan Terjadi di Jakarta Saat Ditinggal Warganya Mudik: Jalanan Lengang hingga Bebas Macet - News

News, JAKARTA - Idul Fitri 1445 Hijriah tinggal menghitung hari, bulan Ramadan bakal meninggalkan kita semua.

Ritual tahunan bernama mudik atawa pulang ke kampung halaman mulai dilakukan.

Lazim terjadi pada tahun-tahun sebelumnya warga-warga yang tinggal atau yang mencari nafkah di Jakarta bakal bepergian melakui berbagai macam moda transportasi, darat, laut dan udara juga penyeberangan kapal.

Hal ini tentu saja bakal mengubah situasi di Jakarta selama momen Lebaran.

Jakarta pastinya menjadi lengang, bebas macet dan mereka yang tidak mudik bisa bernapas lega menikmati situasi tersebut.

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta memprediksi 8 juta warga ibukota bakal mudik ke kampung halaman masing- masing dengan berbagai tujuan di seluruh kota di Indonesia.

Berdasarkan survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), jumlah pemudik pada momen Lebaran 2024 dari wilayah Jabodetabek diperkirakan mencapai 28,4 juta orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 8,26 juta orang atau 29,05 persen diperkirakan menggunakan jasa kereta api untuk berangkat ke kampung halaman. Selain itu terdapat 7,89 juta warga Jabodetabek yang memilih menggunakan transportasi bus antar kota dan antar provinsi (AKAP). Untuk rencana perjalanan mudik, paling banyak warga memilih berangkat pada 6 April 2024. Jumlah diperkirakan mencapai 5,20 juta orang.

Dengan jumlah tersebut bisa dibayangkan bakal betapa lengangnya Jakarta dan sekitarnya ditinggal oleh warganya mudik.

Situasi dan kondisi tersebut justru sangat dirindukan karena hampir setiap hari aktivitas warga ibukota selalu ditemani dengan kemacetan, berdesak-desakan di transportasi umum serta bisingnya suara derus mesin dan klakson kendaraan bermotor.

Tidak hanya itu saja, indeks kualitas udara kota Jakarta dan sekitarnya juga pasti bakal membaik. Pada momen Lebaran tahun 2023 misalnya IQ Air mencatat indeks kualitas udara Jakarta pada hari pertama Idul Fitri ada di angka 84 atau berkategori sedang.

Kualitas udara Jakarta pada momen Idul Fitri 1444 Hijriah tersebut lebih baik ketimbang tiga hari sebelumnya di tahun yang sama yakni 110, 126 dan 105.

Jumlah kendaraan bermotor di Jakarta juga bakal berkurang. Astra Infra mencatat peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di ruas tol Astra Infra pada H-6 Lebaran 2024. Total ada 305.000 kendaraan melintasi ruas Tangerang Merak, Cipali dan Jombang- Mojokerto pada 4 April 2024.

Secara akumulasi, sejak 31 Maret - 4 April 2024 tercatat ada sekitar 1,3 juta kendaraan telah melintasi ketiga ruas tol tersebut.

Terkini Lainnya

  • Mudik Lebaran 2024

  • Jakarta pastinya menjadi lengang, bebas macet dan mereka yang tidak mudik bisa bernapas lega menikmati situasi tersebut.

  • Mudik Lebaran 2024

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat