androidvodic.com

Jadi Jalur Favorit, Pemudik Motor Arah Pantura Mulai Padati Jalur Kalimalang - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Bima Putra

News, JAKARTA - Pengguna sepeda motor yang akan mudik ke arah Pantura Jawa mulai memadati Jalan Raya Kalimalang, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).

Wakil Kepala Satlantas Jakarta Timur AKP Sunaryo mengatakan H-5 Idulfitri 1445 Hijriah kemarin, tercatat volume kendaraan yang melintas di Jalan Raya Kalimalang melonjak hingga 40 persen dibanding normal.

Sejak Jumat malam pemudik roda dua dan roda empat memadati Jalan Raya Kalimalang yang jadi jalur arteri untuk menuju Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur melalui jalur Pantura.

"Untuk H-5 di Kalimalang, khususnya di simpang Jalan Raden Inten arus kepadatan lalu lintas mulai jam 20.00 WIB meningkat sekira 30-40 persen," kata Sunaryo, Jumat.

Para pemudik memilih berangkat pada malam hari atau selepas berbuka puasa untuk menghindari cuaca panas, dan kemacetan dalam perjalanan menuju kampung halamannya.

Peningkatan volume kendaraan pemudik ini terlihat dari banyaknya pengendara motor yang membawa barang-barang, dan berboncengan melaju dari arah Jakarta menuju Jawa.

Sejumlah pengendara roda empat melintas di Jalan Raya Kalimalang juga tampak membawa barang bawaan yang ditempatkan pada bagian atas kendaraan mereka.

Berdasar pemantauan jajaran Satlantas Jakarta Timur di sepanjang ruas Jalan Raya Kalimalang mayoritas pemudik yang melintas merupakan pengendara sepeda motor.

"Untuk Kalimalang dari tahun ke tahun (setiap mudik) jalur favorit pengendara roda dua. Terlihat dari pengendara yang membawa barang, berboncengan di depan dan belakang," ujarnya.

Sunaryo menuturkan untuk mengurai kepadatan di Jalan Raya Kalimalang pada mudik Idulfitri 1445 Hijriah pihaknya menyiagakan pos pelayanan yang dijaga personel gabungan.

Di antaranya pos pelayanan di Pangkalan Jati, pos pelayanan di simpang Jalan Raden Inten, dan pos pelayanan di Jalan Haji Naman perbatasan Jakarta dengan Bekasi.

Selain jajaran Satlantas, personel dari Polsek Duren Sawit, Polres Metro Jakarta Timur, Sudin Perhubungan, Satpol PP, dan petugas lainnya juga terlibat untuk membantu pemudik.

Baca juga: H-10 Lebaran, Pemudik Sepeda Motor Mulai Terlihat di Jalan Raya Kalimalang

"Di Pos Pangkalan Jati melibatkan personel dari Polres, Polsek. Di Pos Raden Inten melibatkan 10 personel. Pos pelayanan di Jalan Haji Naman terdiri dari tiga perwira, dua Bintara," tuturnya.

Terkini Lainnya

  • Mudik Lebaran 2024

  • Pengguna sepeda motor yang akan mudik ke arah Pantura Jawa mulai memadati Jalan Raya Kalimalang, Jumat (5/4/2024).

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • Mudik Lebaran 2024

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat