androidvodic.com

Pecah Rekor, Pemudik Motor dari Jawa-Sumatera via Pelabuhan Ciwandan Tembus 12.000 Unit H-4 Lebaran - News

Laporan Wartawan News, Ismoyo

News, BANTEN - Jumlah pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua, mengalami peningkatan signifikan pada H-4 Idul Fitri atau Sabtu (6/4/2024).

Berdasarkan data dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) selaku pengelola pelabuhan Ciwandan, jumlah motor yang menuju Sumatera sebanyak 12.564 unit.

Angka ini masih akan terus meningkat, karena 12.564 unit motor merupakan data per 6 April 2024 dari pukul 00.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Adapun, data secara keseluruhan akan dirilis pasca jam 00.00 WIB, Minggu (7/4/2024).

Angka ini bisa melonjak hingga 3 kali lipat dibandingkan kemarin H-5 Lebaran (5/4/2024).

Adapun berdasarkan data Pelindo yang dihimpun Tribunnews, pada H-7 Lebaran jumlah motor yang melintas sebanyak 1.432 unit, kemudian pad H-6 sebanyak 2.258 unit, H-5 sebanyak 4.710 unit.

Seperti diberitakan sebelumnya, puncak arus mudik di Pelabuhan Ciwandan, Banten, diprediksi akan terjadi pada H-4 dan H-5 (6-7 April 2024).

Diketahui, Pelabuhan Ciwandan merupakan Pelabuhan khusus yang melayani pemudik yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Arif Suhartono mengungkapkan, tren peningkatan jumlah pemudik motor sebenarnya telah terjadi sejak kemarin (5/4/2024).

Meski demikian, Pelindo bersama PT ASDP Indonesia Ferry selaku penyelenggara jasa angkutan penyeberangan, dapat mengantisipasi antrean yang terjadi di Pelabuhan Ciwandan.

"Kelihatannya (puncaknya) malam ini sampai besok. Tapi kemarin juga sudah cukup padat seperti yang kita ketahui," ungkap Arif di Pelabuhan Ciwandan, Banten, Sabtu (6/4/2024).

"Sebenarnya belum diprediksi adanya lonjakan, tapi so far masih bisa di-handle dan diharapkan malam ini bisa lebih bagus karena truk-truk segera kita habiskan (operasionalnya)," sambungnya.

Demi kelancaran kegiatan mudik Lebaran, Arif meminta seluruh pihak, baik stakeholder maupun masyarakat untuk dapat bersinergi mendukung kelancaran arus mudik.

Baca juga: Kakorlantas: Skema Delaying System Kurangi Kepadatan Antrean Kendaraan di Pelabuhan Merak

Selain itu, Arif mendorong agar truk bermuatan besar untuk sementara tidak melakukan kegiatan penyeberangan di Pelabuhan Ciwandan. Terkecuali, truk yang mengangkut muatan logistik seperti sembako.

"Pada kesempatan ini kita minta dukungan masyarakat juga, tanpa dukungan bersama nanti tidak akan bisa lancar," ungkap Arif.

"Tanpa dukungan bersama, nanti tidak akan bisa lancar. Kita harapkan untuk truk-truk, seperti imbauan pemerintah untuk 3 sumbu itu sudah berhenti, karena untuk kelancaran juga. Kelancaran tidak hanya kewajiban dari pemerintah tapi juga dukungan dari masyarakat juga untuk memastikan arus ini lebih bagus," pungkasnya. 

Terkini Lainnya

  • Mudik Lebaran 2024

  • Jumlah pemudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera yang menggunakan kendaraan bermotor roda dua, mengalami peningkatan signifikan.

  • H+5 Lebaran, Sejumlah Masyarakat Antre Beli dan Batalkan Tiket Mudik di Loket Stasiun Pasar Senen

  • Mudik Lebaran 2024

  • BERITA REKOMENDASI

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat