androidvodic.com

Jusuf Kalla Tanya Biaya Keamanan di Poso - News

News, POSO - Bupati Poso Piet Inkriwang secara khusus menerima kunjungan Ketua Umum PMI M Jusuf Kalla dan rombongan, di rumah jabatan bupati.

Jusuf Kalla ke Poso untuk meresmikan soft opening PLTA Poso II milik Bukaka Group, di Salewana, Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sabtu (22/12/2012).

Kunjungan ini hanya berselang dua hari pasca-insiden aksi baku tembak antara kelompok bersenjata di Kecamatan Poso Pesisir dengan aparat Brimob Polda Sulteng.
Tiga personel Brimob tewas, tiga lainnya luka, dan tiga lainnya selamat.

Kapolda Sulteng Brigjen Pol Dewa Persana, yang juga hadir mendamping JK, juru damai konflik horizontal Poso awal dekade 2000-an itu, menyebut penyerang itu sebagai kelompok teroris yang berhaluan amat keras.

"Pelakunya adalah aliran garis keras, namun tak perlu kami jelaskan, siapa dan dimana. Tunggu saja." kata Kapolda kepada rombongan wartawan dari Jakarta dan Makassar, yang menumpang pesawat jenis Hawker yang di-charter keluarga JK ke
Bandara Kasibuncu, Poso.

Bupati Poso Piet Inkiriwang mengaku amat menaruh hormat dengan peran Kalla di kopnflik Poso, dan upayanya membangkitkan perekonomian warganya.

"Kalau ada Pak JK, maka aman, wah ini di Poso ini Pak, orang luar yang begini Pak," kata Bupati Poso dua periode ini.

Kepada Bupati, Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) ini, menyarankan, Piet tenang namun harus tetap waspada dan prihatin.

Kalla menyatakan komitmennya untuk membantu. "Berapa biaya pengamanan. Rp 100 juta, Rp 200 juta per kilometer? coba hitung? Jadi senyum aja meski kita tetap prihatin. Ini semua kebiasaan dari daerah lain yang ingin memolopori konflik lagi."

"Tapi nanti kita ke acara peresmian PLTA Poso Energi, bahwa ini Poso begini, biasa saja, kita tetap bikin industri, listrik, mari investasi, tetap jalan," kata JK disambut senyum belasan tamu Piet.

Setelah bincang-bincang kurang lebih 15 menit di rumah jabatan tersebut, JK, Piet Inkiriwang dan rombongan JK, berangkat bersama ke lokasi soft opening PLTA Poso Energi yang juga milik JK itu di Sulewana, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso. Sekitar 40 Km dari Rujab Piet Ingkiriwang.

Dalam perjalanan menuju lokasi peresmian, belasan kendaraan roda empat mengiring dari belakang mobil Toyota Alphard yang ditumpangi JK menyeret perhatian warga sepanjang pinggir jalan.(*)

Liputan Khusus Teror di Poso

Mobil Patwal, TNI, ambulans, sejumlah kendaraan pribadi mengekor di belakang Alphard JK. Iring-iringan ini membuat kebanyakan warga Poso lari ke pinggir jalan untuk menyaksikan JK melintas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat