androidvodic.com

Masa Pengoperasian Lima Kereta Api Tambahan Diperpanjang - News

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

News, PURWOKERTO - Memenuhi tingginya permintaan tiket pada masa arus balik lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali menambah daftar kereta api (KA) tambahan yang diperpanjang masa pengoperasiannya.

Sebanyak lima KA yang terdiri dari tiga KA ekonomi, satu KA bisnis dan satu KA eksekutif akan beroperasi hingga 30 Juli 2015. Total 3.102 tempat duduk disediakan oleh lima KA tersebut.

Corporate Communication Manager PT KAI Daop V Purwokerto, Surono mengatakan, awalnya hanya ada tiga KA ekonomi tambahan keberangkatan dari Kutoarjo yang diperpanjang masa operasinya. Ketiga KA tambahan tersebut adalah dua KA ekonomi jurusan Kutoarjo- Pasarsenen dan satu KA ekonomi tambahan jurusan Kutoarjo- Kiaracondong.

"Untuk KA ekonomi tambahan jurusan Kutoarjo-Pasarsenen keberangkatan pertama pukul 10.50 (sebelumnya KA Kutojaya Lebaran) dan KA ekonomi tambahan jurusan Kiaracondong keberangkatan dari Kutoarjo pukul 08.15 (sebelumnya KA Kutojaya Selatan Lebaran) akan diperpanjang sampai 28 Juli 2015," jelas Surono, Kamis (23/7/2015).

Kedua KA ekonomi PSO tambahan tersebut awalnya dioperasikan sampai dengan H+7 lebaran, Sabtu (25/7/2015) sesuai kontrak PSO (Public Service Obligation dari Kemenhub).

Untuk pengoperasian setelah H+7, dari 26 Juli sampai 28 Juli kedua KA ini tidak lagi menggunakan tarif PSO namun menggunakan tarif ekonomi komersial.

Sedangkan KA ekonomi tambahan jurusan Kutoarjo-Pasarsenen keberangkatan kedua pukul 21.20 (sebelumnya KA Kutojaya Tambahan) akan diperpanjang pengoperasiannya sampai dengan tanggal 29 Juli 2015.

KA ekonomi tambahan jurusan Kutoarjo-Pasarsenen keberangkatan kedua pukul 21.20 dari Kutoarjo (PLB Ekonomi 1) tarifnya ditetapkan sebesar Rp 210 ribu.

Sedangkan KA ekonomi tambahan jurusan Pasarsenen keberangkatan pertama pukul 10.50 dari Kutoarjo (PLB Ekonomi 2) dikenakan tarif sebesar Rp 160 ribu.

Sementara tarif untuk KA ekonomi tambahan jurusan Kutoarjo-Kiaracondong keberangkatan pukul 08.15 dari Kutoarjo (PLB Ekonomi 3)ditetapkan sebesar Rp 150 ribu.

Namun setelah melalui berbagai pertimbangan, PT KAI kemudian memperpanjang pula dua KA tambahan kelas eksekutif dan bisnis. Kereta tambahan tersebut adalah KA Argo Dwipangga Lebaran jurusan Solo- Gambir dan KA Lodaya Lebaran jurusan Solo- Bandung.

KA Argo Dwipangga Lebaran (Solo-Gambir) diperpanjang pengoperasiannya sampai 30 Juli 2015 dan KA Lodaya Lebaran (Solo-Bandung)diperpanjang sampai 28 Juli 2015. Tarif untuk KA Argo Dwipangga Lebaran dan Lodaya Lebaran tidak mengalami perubahan.

"Dengan diperpanjangnya operasional KA Argo Dwipangga Lebaran dan KA Lodaya Lebaran, total ada lima KA tambahan lebaran lintas selatan yang diperpanjang pengoperasiannya untuk memenuhi tingginya permintaan tiket arus balik lebaran 2015. Dari total lima KA tambahan yang diperpanjang tersebut setiap harinya tersedia 3.102 seat tambahan diluar KA reguler. Masing-masing sebanyak 1.936 seat jurusan Jakarta dan 1.166 seat jurusan Bandung," papar Surono.

Kereta api tambahan yang diperpanjang perjalanannya tersebut semua menggunakan tarif komersial. Seperti ekonomi komersial, bisnis dan eksekutif.

"KA ekonomi PSO tambahan yang diperpanjang, dari 26 - 28 Juli tidak lagi menggunakan tarif PSO, semua menggunakan tarif komersial. Hal ini karena kontrak PSO untuk KA ekonomi tambahan lebaran hanya sampai tanggal 25 Juli 2015," ujarnya. (Tribunjogja.com)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat