androidvodic.com

Pangdam VI/Mulawarman Tanam 20 Ribu Pohon di Jalan Tol Balikpapan-Samarinda - News

Laporan wartawan Tribun Kaltim, Ahmad Sidik

News, BALIKPAPAN - Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono mengawali penanaman 20.000 pohon di km 0 Jalan Tol Balikpapan - Samarinda, Rabu (3/2/2016) pagi.

Penanaman 20.000 pohon akan dilakukan secara bertahap sesuai pembangunan jalan tol.

Ditemui di sela acara, Panglima Kodam mengatakan penanaman berbagai jenis pohon kayu dan buah ini bertujuan sebagai penghijauan jalan tol Balikpapan.

Selain itu penghijauan dilakukan untuk merehabilitasi lahan lahan ktitis akibat dampak kebakaran yang terjadi beberapa waktu lalu.

"Penanaman 20.000 pohon dilakukan dalam beberapa tahap. Kodam VI memiliki inisiatif untuk menanam pohon di sepanjang Jalan Tol Balikpapan - Samarinda. Manfaat penanaman pohon ini selain sebagai penyaring sinar matahari di Jalan, menjaga keseimbangan kadar oksigen dan karbondioksida, mengurangi polutan, meredam kebisingan, juga menciptakan estetika," ujar Pangdam.

Pangdam VI Mulawarman bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin sebelumnya meninjau daerah Kutai Timur Dan Kutai Kartanegara.

Dalam tinjauannya diketahui banyak lahan gambut yang terbakar. Pangdam berharap semua instansi/perusahaan perkebunan bisa mengatasi kebakaran hutan yang semakin meluas.

"Kodam VI mengawali terlebih dahulu mengatasi dan berupaya mencegah kebakaran hutan melalui penanaman pohon. Semua harus bergerak bersama untuk mengatasi meluasnya dampak kebakaran hutan," ungkapnya.

Penanaman secara serentak dimulai dari titik nol Jalan Tol yang berada di km 13 Jalan Soekarno Hatta Balikpapan. Mayjen TNI Benny Indra P melepaskan tembakan tanda dimulainya penanaman pohon secara serempak.

Beberapa instansi yang terlibat dalam penanaman pohon yaitu Lanal Balikpapan, Lanud Balikpapan, Polres Balikpapan, instansi pemerintahan, serta pelajar.

Beberapa jenis pohon yang ditanam di antaranya trembesi, sengon, puspa, rasamala, kayu afrika dan pohon buah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat