androidvodic.com

Konyol, Kepala Rutan Piknik Bareng 17 Warga Binaan ke Pemandian Air Panas - News

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Lantaran kekonyolannya, Irpan harus rela dicopot sebagai Kepala Rumah Tahanan Kelas IIB Soppeng, Sulawesi Selatan. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Sahabuddin Kilkoda, mencopot Irpan dan mengangkat Ashari sebagai Karutan Kelas IIB Soppeng.

"Irpan sudah diganti, nama penggantinya Ashari," ujar Sahabuddin saat dikonfirmasi Tribun Timur pada Rabu (21/9/2016).

wisata-pemandian-air-panas-di-soppeng_20160921_165737.jpg
Pemandian Lereng Hijau Bulu Dua, biasa disebut pemandian Lejja, berada di Desa Gattareng Toa, Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Minggu (19/6/2016). Obyek wisata ini memiliki pemandian air panas. TRIBUN TIMUR/AWALUDDIN

Irpan baru tiga bulan menjadi Karutan Soppeng. Ia dicopot karena ketahuan membawa 17 warga binaan piknik ke tempat wisata Pemandian Lereng Hijau Bulu Dua di Kabupaten Soppeng, Sabtu (17/9/2016). Warga sekitar biasa menyebut pemandian air panas Lejja.

Sahabuddin tak memberi banyak informasi soal pengganti Irpan. "Saya lupa apa jabatannya, yang jelas dia dari Kanwil," imbuh dia.

Menurut data website Kemenkumham Sulsel, Ashari mengantongi NIP 19780529 200012 1 001. Ia menjabat Kepala Sub Bidang Pembinaan, Bimbingan Pas dan Pengetasan Anak.

Sementara Irpan harus gigit jari. Atasannya belum memberikannya jabatan baru sambil menunggu sanksi yang akan diterimanya dalam waktu dekat.

"Irpan masih ditarik di Kanwil, belum ada jabatan lagi. Besok kita tentukan dan akan konferensi pers tentang hukumannya apa yang diberikan," jelas Sahabuddin.

wisata-pemandian-air-panas-di-soppeng-atau-lejja_20160921_165944.jpg
Pemandian Lereng Hijau Bulu Dua, biasa disebut pemandian Lejja, berada di Desa Gattareng Toa, Marioriwawo, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Minggu (19/6/2016). Obyek wisata ini memiliki pemandian air panas. TRIBUN TIMUR/AWALUDDIN

Ajak Warga Binaan Piknik

Irpan ketahuan mengajak 17 warga binaan piknik ke wisata permandian air panas di Kabupaten Soppeng, sambil bermalam mingguan.

Para warga binaan ini diajak jalan-jalan sebagai hadiah telah membantu petugas mengecat atap dan tembok rutan.

"Kejadian itu setelah kami selesai bekerja di rutan. Saya janjikan akan membawa mereka rekreasi dengan catatan tidak melakukan pelanggaran, tidak mencoba melarikan diri, dan tidak membawa handphone," beber Irpan saat ditemui di Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan, Selasa (20/9/2016).

narapidana-plesiran_20160920_172039.jpg
Kepala Rutan Kelas IIB Soppeng, Irpan, saat ditemui wartawan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan, Selasa (20/9/2016). TRIBUN TIMUR/FAHRIZAL SYAM

Sebanyak 17 warga binaan dan lima petugas rutan, termasuk Irpan, berangkat menuju Lejja bakda salat Isya. Rupanya lokasi pemandian sangat ramai oleh pengunjung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat