androidvodic.com

Penonton Penutupan PON XIX Harus Perhatikan Hal Berikut - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

News, BANDUNG - Polda Jabar menyiapkan 3.500 personel untuk mengamankan prosesi penutupan PON XIX 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Kamis (29/9/2016).

Rencananya Wakil Presiden Jusuf Kalla akan menghadiri penutupan PON XIX Jabar yang berlangsung pukul 19.00 WIB.

Pola pengamanan pada penutupan nanti sama ketika pembukaan PON XIX 2016 beberapa waktu lalu. Warga masyarakat dan tamu undangan akan disiapkan lokasi parkir serta fasilitas antar dan jemput.

"Kami sudah mulai melakukan pengamanan sejak pukul 08.00 WIB. Teknis pengamanannya tidak ada yang berbeda dengan pembukaan," kata Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Yusri Yunus, Rabu (28/9/2016).

Lokasi parkir tamu undangan di antaranya di zona parkir Stadion GBLA, kawasan Summarecon, sekolah terdekat Stadion GBLA, kawasan peti kemas Gedebage, tempat pengujian kendaraan bermotor Gedebage, dan pinggir Jalan Soekarno-Hatta.

"Nanti ada shuttle bus juga di setiap zona parkir yang disiapkan itu. Sebab lokasi Stadion GBLA steril dari kendaraan," Yusri menambahkan.

Meski pola pengamanan tak berubah, pihaknya sudah melakukan evaluasi. Berdasarkan pengalaman saat pembukaan, proses kepulangan masyarakat usai menonton membuat lalu lintas tersendat. Penyebabnya para penonton tak ingat bus yang membawanya ke zona parkir saat berangkat.

"Nanti akan ada tanda-tanda khusus bagi tamu undangan dan penonton agar tidak lupa dan tidak salah naik bus untuk menuju zona parkir yang benar," kata Yusri.

Polisi memperkirakan jumlah penonton saat penutupan nanti lebih sedikit ketimbang pembukaan PON XIX 2016. Sebab sebagian besar atlet sudah pulang ke daerahnya lantaran sudah selesai mengikuti pertandingan sebelum penutupan.

Meski begitu kepolisian tetap mewaspadai membludaknya penonton yang ingin datang melihat langsung penutupan PON XIX.

"Kalau penonton itu dikasih tiket, untuk teknisnya pemerintah daerah yang mengetahui. Namun kami imbau kepada penonton, masyarakat, tamu undangan datang sebelum jam 16.00 WIB," kata Yusri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat