androidvodic.com

ITS Surabaya Janji Selesaikan Prototipe Kapal Wisata untuk Kaltara Akhir Desember - News

Laporan Wartawan Tribun Kaltim, Muhammad Arfan

News,  TANJUNG SELOR - Mewujudkan adanya sebuah kapal wisata, Pemprov Kalimantan Utara menggandeng Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

ITS akan merancang desain kapal wisata yang disepakati pemprov.

Ir. Wasis Dwi Aryawan, M.Sc., Ph.D Ketua Jurusan Teknik Perkapalan Fakuktas Teknologi Kelautan ITS Surabaya mengatakan, pihaknya telah berkeliling Kalimantan Utara untuk mengetahui katakteristik perairan di provinsi ini.

Ia mengakui potensi perairan Kalimantan Utara sangat prospek mendatangkan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

"Potensi di sini sangat bagus. Ada sungai besar, delta, dan laut yang jarang dimiliki daerah lain. Kami coba nanti untuk mendesain kapal yang cocok untuk mwnjamu wisatawan," sebutnya usai menggelar pertemuan bersama jajaran Biro Ekonomi Setprov Kalimantan Utara, Senin (5/12/2016).

Ia mengatakan, potensi perairan Kalimantan Utara yang banyak dialiri sungai-sungai besar sangat layak disandingkan dengan pariwisata Skandinavia (negara-negara di bagian utara Eropa).

"Di sana ada sungai yang dihasilkan dari salju yang mencair. Juga banyak tebing. Di sini tidak kalah menariknya. Hutannya masih alami," akunya.

Kapal rencananya didesain cukup panjang kurang lebih 50 meter yang dikombinasikan dengan baja dan ornamen kearifan lokal.

"Saat ini kita masih bicara perencanaan. Tahun ini kami akan selesaikan desain kapalnya. Nanti di akhir Desember ini sudah ada prototipe kapalnya," sebutnya. (Wil)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat