androidvodic.com

Tak Jauh dari Kandang Kambing Sujono Temukan Tiga Granat Aktif - News

Laporan Wartawan Tribun Jogja, Usman Hadi

News, BANTUL - Warga Dusun Sawahan, Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul, terkejut ada warga menemukan tiga granat dekat kandang kambing.

Mendengar kabar itu sejumlah warga berbondong-bondong ke lokasi, lantaran ingin melihat langsung granat yang ditemukan Sujono (52) warga setempat, Sabtu (4/3/2017) pagi.

Warga semakin penasaran, lantaran granat tersebut diduga masih aktif. Ditemui di sekitar lokasi Sujono menuturkan tidak sengaja menemukan tiga granat tersebut.

Mulanya, dia hanya berniat menanam pohon pisang di lahan yang digarapnya itu. Saat menggali tanah, dia justru menemukan tiga granat di lubang tersebut.

"Saya mulai menggali tanah buat nanam pisang sekitar jam sembilan pagi. Saya menemukan granat saat menggali lubang yang kedua," tambah dia.

Pagi itu Sujono berniat menanam sejumlah pohon pisang persis di timur kandang kambing. Saat pertama kali menggali tanah, dia tidak menemukan benda mencurigakan.

Saat menggali lubang kedua dia menuai masalah, lantaran di galian tersebut ada sebongkah batu-bata. Di balik batu-batu tersebut Sujono menemukan sebuah benda diduga granat.

Setelah mengamati benda tersebut, dia yakin jika benda yang ditemukannya adalah granat. Segera ia mengabarkan kerabatnya lalu mengecek ulang di bekas galian dan menemukan dua lainnya.

"Saat menggali tanah saya enggak merasa kalau ada dua granat yang ke angkat," tuturnya. "Saya tahu itu granat karena seperti di film-film." 

Saat ditemukan, Sujono menyebut ketiga granat sudah dalam kondisi berkarat, sehingga dia berani memegang granat tersebut.

Setelah itu dia berinisiatif melaporkan temuan itu ke pemerintah desa setempat.

Selepas mendapat laporan jajaran kepolisian datang ke lokasi sekitar pukul 12.00 WIB. Lalu petugas memasang garis polisi agar warga tidak mendekat.

Selang beberapa saat, datang juga Tim Jibom Gegana Polda DIY dan menyisir lokasi namun tidak ditemukan granat lainnya.

"Saya tidak tahu persis dulu tempat ini apa, tapi sepertinya ini dulunya kuburan. Ini juga pertama kali di sini ditemui granat," imbuh dia.

Kapolsek Jetis, AKP Slamet Subiantoro menjelaskan tiga granat yang Sujono temukan sudah lama. Soal rincinya harus dikonfirmasi ke Tim Gegana.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat