androidvodic.com

Rencana Kabur Dipersiapkan Secara Matang oleh Kolor Ijo Cs - News

Laporan Wartawan Tribun Timur, Fahrizal Syam

News, MAKASSAR - Tiga orang narapidana melarikan diri dari Lapas Klas IA Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (7/5/2017) sekitar pukul 03.00 dini hari.

Dari informasi yang dihimpun, ketiga napi kasus pembunuhan yang kabur tersebut yaitu Rizal Budiman alias Ical (22), Muh Tajrul Kilbareng Bin Kalbaren alias Arun (31), dan Iqbal alias Bala (34).
Ikbal alias Bala lebih dikenal dengan julukannya yakni si "Kolor Ijo".

Ia dijuluki Kolor Ijo lantaran telah menganiaya dan membunuh puluhan wanita di Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, ketiga narapidana tersebut telah menyusun rencana yang sangat matang sebelum kabur.

"Mereka mempersiapkannya secara matang. Alat-alat yang dipakai dan bagaimana cara kabur sudah mereka pelajari terlebih dahulu," ungkap Dicky yang ditemui di Lapas Klas I Makassar.

Ketiga terpidana diketahui melarikan diri di Blok A.1 Kamar 10, dengan cara merusak pentilasi kamar yang terbuat dari besi dengan cara digergaji.

Selanjutnya mereka melompot turun melalui selokan, lalu naik dan melewati Pos 2 yang tidak dijaga oleh petugas Lapas.

"Ventilasi itu sangat sempit tapi mereka bisa lolos. Mereka juga tahu kalau tidak ada petugas di pos jaga itu, jadi mereka bisa kabur. Mereka tahu kapan waktu yang tepat untuk kabur dan ketika petugas lengah," kata dia.

Dicky mengatakan telah memgumpulkan barang bukti yang dipakai para narapidana untuk kabur yakni sebuah gergaji besi, sarung, dan besi bengkok yang dipakai untuk mengaitkan sarung di dinding lapas.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat