androidvodic.com

Begini Penjelasan PDAM Tirtawening Soal Air Warga Berwarna Merah Muda - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

News, BANDUNG - Air PDAM berwarna merah muda dan berbau busuk mengusik warga di RW 06, Panjunan, Astanaanyar, Kota Bandung, Kamis (13/7/2017).

Pelapor Deni Rudiana yang mengunggah rekaman video aliran air PDAM berwarna merah di rumahnya melalui Facebooknya sempat viral.

Tim gabungan PDAM Tirtawening dan Polda Jabar pun langsung memeriksa lokasi pada Jumat (14/7/2017) dan mengambil sampel air berwarna merah tersebut.

Direktur Utama PDAM Tirtawening, Sonny Salimi, memberikan keterangan terkait hasil pemeriksaan di lokasi di kantor PDAM Tirtawening, Bandung, Selasa (18/7/2017) .

"Berdasarkan pemeriksaan di lokasi kami tidak menemukan ada pipa PDAM yang bocor," ungkap Sonny.

Ia menjelaskan, saluran PDAM pada blok yang ditempati Deni Rudiana mencakup 500-an rumah, sementara pada satu jalur pipa di sekitar rumah Deni Rudiana ada sekitar 150-an rumah.

Jika aliran air PDAM berwarna merah muda, maka harusnya 500 rumah atau minimal 150 rumah tersebut juga berwarna merah muda.

Namun, hanya sembilan rumah lah yang mengaku air PDAM-nya berwarna merah muda, dan yang bisa memberikan sampel air merah muda tersebut hanya tiga rumah saja.

Kesembilan rumah tersebut rumahnya tidak berada berdampingan atau berderet. Lalu, rumah Deni Rudiana berada di ujung Gang Hidayah, berbatasan dengan Gang Syukur.

Saluran PDAM yang mengalir ke rumah Deni Rudiana berasal dari air pipa transmisi dari Jalan Bojongloa Gang Ikhlas, jadi pipa yang mengalir ke rumah Deni Rudiana jalurnya menanjak.

Selain itu, pipa PDAM di blok RW 06 tersebut tertanam sekira 50 sentimeter dan tidak tertanam pada saluran drainase. Jadi, tidak mungkin ada air meresap ke pipa PDAM dari saluran drainase.

Untuk melubangi pipa PDAM pun sangat sulit, karena bahan pipa PDAM terbuat dari material yang kuat.

Sonny Salimi menambahkan, PDAM Tirtawening hanya memeriksa instalasi yang jadi wewenang perusahannya. Batas wewenangnya sampai meteran dan keran yang ada di depan rumah.

Selebihnya, instalasi di depan rumah adalah tanggung jawab pemilik rumah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat