androidvodic.com

Kisah Loper Koran Berhasil Raih Gelar Sarjana Berpredikat Cum Laude - News

News- MANADO - Jusman tak patah semangat meskipun berasal dari latar belakang keluarga tidak mampu.

Pemuda berusia 23 tahun itu meninggalkan tanah kelahirannya di Enrekang Sulawesi Selatan, merantau ke Tondano Sulawesi Utara untuk menempuh studi S1 di Universitas Negeri Manado (Unima).

Siapa sangka, sarjana peraih predikat 'Cum Laude' yang ia peroleh hanya dalam waktu 3 tahun tersebut ternyata adalah seorang loper koran.

Dalam sebuah wawancara bersama jurnalis Tribun Manado, Jusman menceritakan suka dukanya berjuang meraih impiannya menjadi seorang sarjana.

Baca: Dikepung Massa, Mario Membacok Ternyata Kena Polisi

Ia berasal dari keluarga petani yang sangat berkekurangan.

Jusman kuliah dalam segala keterbatasan.

Alih-alih tinggal di sebuah kamar kos sewaan, Jusman dan sejumlah mahasiswa perantauan lainnya memilih tinggal di sebuah ruangan yang ada di kawasan Kampus Unima, tanpa perlu membayar pakai uang, tapi pakai tenaga mereka untuk ikut bantu membersihkan lingkungan sekitar kampus.

Baca: Stadion Sepakbola yang Kini Berganti Rupa Menjadi Depo MRT, Begini Penampakannya

Hal ini dilakukan Jusman untuk menghemat biaya hidupnya.

Keterbatasan keluarga yang kesulitan mengirim biaya untuknya kuliah dan menjalani hidup di Tondano membuat Jusman berusaha hidup secukupnya.

Baginya, kuliah lebih penting, makan urusan belakangan.

Jusman bahkan rela hanya makan nasi dan sayur yang ia dapat dari kebun dan hutan yang ada di dekat kawasan Kampus Unima untuk sekedar mengisi perutnya yang lapar.

"Kadang, tiga hari tidak makan lauk, cuma nasi dan sayur" ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat