androidvodic.com

Ganjar dan Sudirman Saling Bertukar Salam Jari - News

News, SEMARANG -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng menggelar Deklarasi Kampanye Damai Pilgub 2018 di halaman kantor, Jalan Veteran 1A, Gajahmungkur, Kota Semarang, Minggu (18/2/2018) pagi. Gelaran itu dihadiri dua pasangan Cagub dan Cawagub Jateng.

Didampingi ribuan simpatisan pendukung, baik pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin maupun Sudirman Said-Ida Fauziyah tampak melempar senyum kepada setiap orang yang hadir.

Sebelum acara digelar, sejumlah petugas Satuan Lalulintas Polrestabes Semarang dan Dinas Perhubungan Kota Semarang menutup sementara beberapa akses jalan protokol di sekitar kantor KPU Jateng. Di antaranya Jalan Kyai Saleh dan Veteran.

Baca: Ada Tanda Merah di Sekujur Tubuh Anak Gadis Sang Isu Syok Ternyata Ini yang Terjadi

Penutupan jalan itu untuk melancarkan acara konvoi pasangan Cagub dan Cawagub beserta masing-masing simpatisan partai politik.

Pasangan Cagub dan Cawagub yang kali pertama tiba di kantor KPU Jateng adalah Ganjar-Yasin. Rombongan pasangan nomor urut satu itu datang bersepeda diiringi tim pemenangan. Disusul pasangan Sudirman-Ida.

Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida duduk semeja. Mereka tampak akrab berbincang-bincang. Tak tampak ada perseteruan. Suasana semakin tampak akrab saat kedua pasangan lanjut senam bersama diiringi dengan lagu Maumere.

Acara berlanjut pembacaan serta penandatanganan deklarasi kampanye damai, antihoax, anti-SARA dan antipolitik uang. Pasangan calon juga harus tunduk pada undang-undang yang berlaku.

Masing-masing pasangan secara bergantian membubuhkan tanda tangan di sebuah papan berpigura. Selepas penandatanganan, tim KPU Jateng dan pasangan Cagub Cawagub secara simbolis menerbangkan sejumlah burung merpati.

Ketua KPU Jateng, Joko Purnomo mengatakan aksi tersebut menggambarkan kedua pasangan memiliki harapan mewujudkan kontestasi Pilgub Jateng 2018 secara damai.

"Agar tiap pasangan saling menggugah hati dan mengedukasi para pemilih. Selanjutnya tinggal tugas kami memberi sosialisasi ke masyarakat agar menggunakan hak pilih," katanya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan konvoi bareng pasangan Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida besarta simpatisan partai politik pengusung. Belasan mobil berhias atribut kampanye pun turut meramaikan konvoi.

Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida semobil di barisan terdepan. Mereka duduk bersebelahan di bak mobil pikap yang dimodifikasi menggunakan rangkaian bunga.

Ada pemandangan menarik sebelum konvoi berlangsung. Ganjar-Yasin dan Sudirman-Ida saling bertukar salam jari saat foto bersama. Pasangan nomor urut 1, Ganjar-Yasin mengacungkan dua jari, sedangkan pasangan nomor urut 2, Sudirman-Ida mengacungkan satu jari.

"Iki jenenge kampanye becik tur nyenengke. Ketok ayem to yen disawang? (Ini namanya kampanye yang baik dan menyenangkan. Kelihatan nyaman kan kalau dilihat?" seloroh Ganjar saat bersebelahan dengan Sudirman di atas pikap.

Senada, Sudirman Said berpendapat, sudah sepakat berkampanye secara damai. Dia ingin warga Jateng bersatu serta saling menjaga kerukunan. "Jateng jangan sampai terpecah-belah karena Pilgub. Itu intinya," ujar dia.

Masing-masing pasangan pun kemudian diarak melintasi rute Jalan Veteran-Tugu Muda-Pandanaran-Simpanglima-Pahlawan-dan kembali ke Jalan Veteran.

Adapun, deklarasi kampanye damai juga tercatat dilakukan di sejumlah kota/kabupaten di Jateng yang melaksanakan pilkada tahun ini, meliputi Kudus, Kabupaten Tegal, Kota Tegal, Karanganyar, Banyumas, Temanggung, dan Magelang. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat