androidvodic.com

Pohon Berusia 500 Tahun Tumbang, Batangnya Mengeluarkan Ini - News

Laporan Wartawan Tribun Kalteng Mustain Khaitami

News, PALANGKARAYA - Sebuah keanehan terjadi saat warga bergotong royong membersihkan sebuah pohon yang tumbang di Desa Kotawaringin Hulu, Kecamatan Kotawaringin Lama, Kobar, Kalimantan tengah.

Pasalnya pohon kedondong berusia sekitar 500 tahun itu  mengeluarkan air yang begitu jernih secara tiba-tiba, sehingga membuat takjub warga yang sedang melakukan pembersihan.

Kejadian ini diketahui dari sebuah video yang belakangan beredar di WhatsApp.

Akhmad Subandi, satu warga Kobar kepada Tribunkalteng.com, Rabu (4/4/2018),  menyebut peristiwa ini terjadi beberapa hari yang lalu ketika tiupan angin kencang tiba-tiba menumbangkan pohon tersebut.

"Pohon ini lokasinya berjarak sekitar 20 meter dari makam Kiai Gede yang selama ini dikenal sebagai seorang penyebar agama Islam di Kotawaringin Barat," ujar Subandi.

Bagi warga setempat, terang Subandi, Kiai Gede merupakan seorang ulama yang diketahui berasal dari Demak yang ditugaskan untuk menyebarkan agamanya ke wilayah Kotawaringin.

Dari cerita tutur masyarakat, ulama ini juga merupakan murid dari Sunan Kalijaga.

"Pohon kedodong yang tumbang ini merupakan salah satu aikon wisata religi yang ada di Desa Kotawaringin Hulu. Di sana, juga ada masjid tua yang dibangun Kiai Gede, serta ada ikan belida yang menjadi batu sebagai sisa peninggalan Kiai Gede," terang Subandi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat