androidvodic.com

Hasil Survei RTK Di Jateng: Pasangan Ganjar-Yasin 42,7 persen, Sudirman-Ida 11,9 persen - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin unggul dari pasangan Sudirman said-Ida Fauziah dalam hasil survei pemilihan gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah yang dilakukan oleh Roda Tiga Konsultan (RTK).

Survei dilakukan pada 28 Mei-2 Juni 2018 kepada 1.200 responden ini memberikan beberapa simulasi kepada responden, mulai soal popularitas sampai elektabilitas.

Baca: Misbakhun Sebut Penurunan Tarif Pajak UMKM Jadi Bukti Jokowi Berpihak pada Pengusaha Kecil

Untuk survei elektabilitas top of mind, pertanyaan yang diajukan adalah, 'Seandainya pemilihanlangsung Gubernur Jawa Tengah dilaksanakan pada hari ini, siapa yang akan Ibu/Bapak/Saudara pilih?'

"Elektabilitas terbuka (top of mind) Ganjar Pranowo-Taj Yasin sudah disebutkan oleh responden secara spontan sebanyak 32,5 persen. Sementara pasangan Sudirman Said-Ida Fauziah dipilih 8,6 persen responden," kata Direktur Riset Roda Tiga Konsultan, Rikola Fedri di Cafe Mandailing, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Jumat (22/6/2018).

Sementara, pemilih yang menyatakan rahasia sebanyak 8,8 persen dan yang menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab 50,2 persen.

Survei elektabilitas kandidat secara tetutup juga menunjukan pasangan Ganjar-Yasin unggul dari pasangan Sudirman-Ida.

Pertanyaan yang diajukan kepada responden yakni, ' seandainya pemilihan langsung gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah dilaksanakan pada hari ini dari 2 pasangan nama tersebut siapa yang akan Bapak/ibu/ saudara pilih sebagai gubernur dan wakil gubernur?'.

"Ganjar-Yasin dipilih oleh 42,7 persen responden. Sudirman-Ida dipilih 11,9 persen responden. Ini terlihat perbedaannya," terang Rikola Fedri.

"Pemilih yang belum menentukan masih cukup besar yakni 45,4 persen," tambahnya.

Baca: SMRC: Pilkada Jabar Sangat Ketat

Rikola juga memaparkan alasan pasangan Ganjar-Yasin unggul lantaran tingkat popularitas-likeabilitas kandidat, Ganjar Pranowo tinggi yakni 92,1 persen pemilih. Disusul Sudirman Said dikenal 59,7 persen pemilih , Taj Yasin dikenal 50,5 persen  pemilih, Ida Fauziah 48,8 persen pemilih.

Diketahui, Metode survei yang digunakan adalah stratified systemic random sampling dengan margin of Error 2,9 persen dan quality control 20 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat