androidvodic.com

Daging Beku Ilegal Masuk ke Tanjung Balai Karimun, Aparat Setempat Minta Agar Tidak Dikonsumsi - News

News, KARIMUN - Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun mengimbau agar masayarakat tidak mengkonsumsi daging ilegal yang ditemukan masuk ke daerah itu.

Daging ilegal yang masuk ke Karimun umumnya dalah daging beku tanpa dokumen yang berasal dari negara lain.

Diduga daging ayam beku tersebut dibawa oleh kapal penumpang yang berasal dari luar negeri, yakni Singapura atau Malaysia.

Kelima kotak daging ayam beku ini hanya berlabel yang menginformasikan bahwa daging ayam beku tersebut berasal dari USA, dan dipastikan tidak memiliki dokumen persyaratan karantina.

Selanjutnya pada Selasa (11/9/2018) Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Tanjung Balai Karimun berkoordinasi dengan Polsek Moro untuk melakukan kegiatan patroli bersama.

Hasilnya di Pelabuhan Gelugur, petugas menemukan dan mengamankan dua dari tiga kotak fiber berisi 11 kotak daging ayam beku. Diduga ayam tanpa dokumen tersebut berasal dari Singapura.

Sebelumnya pada tanggak 24 Agustus 2018 tim patroli gabungan juga menemukan daging kerbau beku sebanyak 18 kg asal Malaysia yang dibawa oleh Anak Buah Kapal feri MV Marina Baru V. Daging kerbau beku ini ditemukan di Pelantar Pelabuhan Tanjung Balai Karimun sekitar pukul 19.00 WIB.

Pada tanggal 28 Agustus 2018 petugas karantina yang dibantu dengan petugas Bea Cukai berhasil mengamankan 26 kg daging ayam dari Malaysia di Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun. Daging tanpa dokumen tersebut dibawa oleh penumpang kapal feri MV Tuah.

"Penindakan ini merupakan hasil nyata dari Rapat Koordinasi Pengawasan dan Penindakan bersama POLRI dan TNI AL yang diadakan bulan agustus lalu yang kami selenggarakan di Hotel Aston Karimun," kata Priyadi

Pryadi berharap dengan adanya peningkatan koordinasi di bidang pengawasan dan penindakan ini diharapkan akan dapat mengurangi bahkan memberantas penyelundupan di Kabupaten Karimun khusunya di bidang perkarantinaan.(Elhadif Putra)

Artikel ini telah tayang di tribunbatam.id dengan judul Daging Beku yang Masuk ke Karimun Ternyata berasal dari USA,

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat