androidvodic.com

Tinggi Gelombang Laut di Selat Sumba Bagian Barat Mencapai 2,5 Meter - News

Laporan Reporter Pos Kupang, Robert Ropo

News, WAINGAPU - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El-Tari Kupang menginformasikan potensi tinggi gelombang di Selat Sumba bagian barat hari ini, Senin (10/12/2018) mulai pukul 08.00 Wita sampai 20.00 Wita mencapai 2,5 meter.

Sementara kondisi cuaca di perairan itu berawan dengan arah angin dari barat daya-barat dan memiliki kecepatan 10-20 knot.

Selain di Selat Sumba bagian barat, tinggi gelombang 2,5 meter juga hari ini berpotensi di perairan selatan Sumba, Laut Sawu, dan Samudera Hindia selatan NTT.

Sementara cuaca ketiga wilayah perairan ini juga diprediksi BMKG cerah berawan, arah angin barat daya-barat.

Sedangkan untuk kecepatan angin di perairan selatan Sumba 10-20 knot, di perairan laut Sawu 6-20 knot, dan di Samudera hindia selatan NTT memiliki kecepatan angin hingga 6-15 knot.

Baca: Senin Pagi Manggarai Barat NTT Kembali Diguncang Gempa

Tinggi gelombang mencapai 2,0 meter berpotensi di Selat Sape.

Kondisi cuaca di perairan itu diprediksi cerah berawan, dengan arah angin barat daya-barat barat laut dan memiliki kecepatan angin hingga 6-15 knot.

Berdasarkan prakiraan Stasiun Meteorologi Waingapu, yang menyebabkan potensi tinggi gelombang tersebut disebabkan karena kecepatan angin di perairan selatan Sumba mencapai 6-15 knot atau 12-30 Km/jam.

Sehingga menyebabkan tinggi gelombang laut dapat mencapai 1.0 hingga lebih dari 3.5 meter.

Pihak BMKG Stasiun Meteorologi Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu juga memberikan peringatan dini terhadap tinggi gelomang dan mengimbau kepada masyarakat nelayan agar waspada terhadap potensi tinggi gelombang mencapai 2,5 meter.

Sehingga kepada masyarakat nelayan dan pelaku kegiatan wisata bahari, diminta memperhatikan tinggi gelombang laut mencapai 2,0 meter atau lebih.

Selain itu, masyarakat juga agar selalu memperhatikan informasi peringatan dini cuaca ekstrim dari BMKG.

Artikel ini telah tayang di Pos-kupang.com dengan judul Waspada! Tinggi Gelombang Laut 2,5 Meter di Selat Sumba Bagian Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat