androidvodic.com

Alba, Si Orangutan Albino Kalteng Akhirnya Dilepas di Hutan Katingan - News

News, KATINGAN - Alba, orangutan albino hasil penyelamatan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS).

Dia diselamatkan tahun lalu, tanggal 29 April 2017 di desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Alba saat diselamatkan masih berusia 5 tahun dengan berat badan 8,3 kilogram.

Saat ditemukan, binatang dilindungi ini menunjukkan perilaku liar yang menolak berdekatan dengan manusia..

Kondisi individu orangutan Alba betina sangat unik, memiliki penampakan, rambut dan seluruh tubuh putih, bola mata kebiruan dan pupil mata merah sehingga disebut albino.

Yayasan BOS telah merehabilitasi Alba setahun lebih sehingga dipandang layak untuk dilepasliarkan.

Pelepasliaran orangutan Alba juga Kika, yang telah menjalani rangkaian proses rehabilitasi di Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng Kalimantan Tengah dan setelah semua dinyatakan siap baik aspek kesehatan, kesiapan lokasi pelepasliaran

Direktorat Jenderal KSDAE bekerja sama dengan Yayasan BOS pada hari ini tanggal 18 Desember 2018 melepasliarkan dua individu orangutan (Pongo pygmaeus wurmbii) ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR), Kabupaten Katingan.

Dua orangutan tersebut bernama bernama Kika dan Alba dilepasliarkan di wilayah kerja Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kasongan, Kalimantan Tengah.

Mereka dilepas menyusul saudaranya yang sudah dahulu dilepasliarkan.

Baca Selengkapnya >>>

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat