androidvodic.com

Suami Inneke Koesherawati Keluarkan Uang Rp 1,7 Miliar untuk Bangun Saung di Lapas Sukamiskin - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

News, BANDUNG- Terdakwa kasus suap mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen, Fahmi Darmawansyah mengaku mengeluarkan uang hingga miliaran rupiah untuk membuat saung.

"Biayanya mencapai Rp 1,7 miliar," ujar Fahmi Darmawansyah saat menjawab pertanyaan hakim terkait biaya yang sudah dikeluarkan demi membangun saung, saat bersaksi di Pengadilan Tipikor di Pengadilan Negeri Bandung, Rabu (6/2/2019).

Fahmi mengakui nilai itu sangat mahal. Biaya memasukkan material ke dalam lapas yang membuat biaya semakin mahal karena harus berkoordinasi dengan petugas Lapas Sukamiskin.

"Memang terlalu mahal, kalau di luar lapas Rp 500 juta. Saungnya dikelola oleh (terdakwa) Andri Rahmat," ujar Fahmi yang juga suami dari artis Inneke Koesherawati itu.

Fahmi Darmawansyah mengaku saung itu dibuat saat Lapas Sukamiskin dipimpin Dedi Handoko. Saat Wahid Husen jadi Kalapas Sukamiskin, Fahmi Darmawansyah memperbaiki saung itu dengan menambahkan toilet dan wallpaper.

"Di saung itu memang ada taman herbal dan ada mesinnya," ujar Fahmi Darmawansyah.

Ia menambahkan, saat awal masuk Lapas Sukamiskin karena kasus suap pejabat Bakamla, ia harus mengeluarkan uang Rp 700 juta.

"Itu untuk booking kamar dari seorang broker, di dalamnya ada TV, AC dan fasilitas lainnya," ujar Fahmi Darmawansyah.

Selain itu, ia juga mengungkap soal biaya perawatan kamar tahanan per bulan mencapai Rp 1, 5 juta. Itu dibayarkan oleh warga binaan kasus korupsi.

"Karena saya ada AC jadi bayar Rp 2 juta. Yang lain Rp 1,5 juta. Awalnya bayar ke napi tipikor yang sudah bebas, tapi sekarang dilanjutkan oleh Andri Rahmat," ujar Fahmi.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Suami Inneke Koesherawati Mengakui 'Buang Uang' Rp 1,7 Miliar untuk Bangun Saung di Lapas Sukamiskin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat