androidvodic.com

Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Sepanjang 140 Km akan Tersambung Sampai ke Palembang - News

News, BANDAR LAMPUNG - Presiden Joko Widodo pagi ini, Jumat (8/3/2019), akan meresmikan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) ruas Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer (km).

Tol terpanjang di Indonesia ini nantinya akan tersambung sampai ke Palembang, Sumatera Selatan.

Ditargetkan jalan tol Bakauheni sampai Palembang bisa difungsionalkan pada Juni mendatang, bertepatan dengan momen mudik Lebaran.

Adapun ruas lanjutan JTTS di wilayah Lampung dan Sumatera Selatan yakni Terbanggi Besar-Pematang Panggang sepanjang 112 km, Pematang Panggang-Kayu Agung (85 km), dan Kayu Agung-Palembang (33,5 km).

Project Manajer PT Waskita Karya, Masesa Edward, mengatakan, khusus untuk ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

Progresnya sudah sekitar 80 sampai 85 persen.

"Kami masih terus upayakan agar bisa segera selesai. Targetnya untuk ruas ini (Terbanggi Besar-Pematang Panggang) bisa ditembus sebelum Lebaran. Tetapi belum sampai operasional ya, masih fungsional," kata pria yang akrab disapa Edo, Kamis (7/3/2019).

Proses pengerjaan konstruksi di ruas tersebut adalah di STA 112 Jembatan Sungai Sodong di Desa Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Ogan Komering Ilir, Sumsel.

"Panjangnya sekitar 150 meter. Tapi kami yakin bisa selesai dalam waktu dekat ini. Kalau sisa yang lainnya, hanya tinggal pengaspalan saja dan perapian sisi-sisi jalan saja," ucapnya.

Edo memastikan, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang bisa fungsional sebelum memasuki arus mudik lebaran 2019.

"Intinya, kami yakin target sebelum lebaran bisa selesai sampai fungsional. Tapi kalau untuk peresmiannya, itu bukan wewenang kami lagi," ujar Edo.

Sementara itu, peresmian Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi oleh Presiden Jokowi akan berlangsung di Gerbang Tol Natar, Lamsel, hari ini sekitar pukul 08.30 WIB.

Tol Bakauheni-Terbanggi terbagi beberapa ruas, yakni Bakauheni-Sidomulyo sepanjang 39,4 km, Sidomulyo-Kota Baru (40,6 km), Kota Baru-Metro (29 km), dan Metro-Terbanggi Besar (31,9 km).

Megaproyek yang dimulai 2015 silam ini digarap oleh PT Hutama Karya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat