androidvodic.com

Penyu Mati Terdampar Kembali Ditemukan di Pantai Selatan Kulonprogo, Bobotnya 100 Kg - News

TRIBUNJATENG.COM, KULON PROGO - Penyu mati kembali ditemukan terdampar di pesisir pantai wilayah Kulon Progo, DIY.

Pada Kamis (22/8/2019), seekor penyu hijau ditemukan warga Desa Karangwuni, Wates dalam kondisi sudah membusuk.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa (SRI) Wilayah V Kulon Progo, Aris Widiatmono membenarkan kabar tersebut.

Warga sekitar yang menemukannya dan kemudian bangkai penyu langsung dikubur.

Penemuan bangkai penyu ini tentu saja mengherankan warga karena sudah puluhan tahun tidak pernah terlihat ada satwa langka dilindungi itu di kawasan pantai desa tersebut.

"Ini yang kedua baru ada penemuan lagi di Karangwuni. Mungkin puluhan tahun silam," kata Aris pada Tribunjogja.com.

Bangkai penyu itu memiliki diameter sekitar 50 sentimeter dan panjang tubuhnya hampir 100 sentimeter dengan bobot diperkirakan mencapai 100 kilogram.

Saat ditemukan, hampir seluruh sisik di tubuh penyu telah mengelupas.

Oleh warga, bangkai penyu lalu dikuburkan sekitar 50 meter dari lokasi penemuan dan diberi tanda pelepah kelapa untuk memudahkan jika ada pihak terkait yang akan meneliti dan mengambil sampel.

Kepala Bidang Pemberdayaan Nelayan Kecil, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Sugiharto mengatakan pihaknya sudah mengkoordinasikan penemuan penyu di Karangwuni tersebut dengan Balai Konservasi SUmber Daya Alam (BKSDA) DIY untuk mengetahui penyebab kematian penyu.

Penemuan penyu hijau di Karangwuni itu menambah panjang daftar temuan sejenis di pesisir pantai Kulon Progo Selama Agustus 2019 ini.

Tribunjogja.com mencatat, pada Minggu (4/8/2019) lalu, ditemukan bangkai penyu lekang mulai membusuk di kawasan Pantai Congot, Kecamatan Temon.

Beberapa pekan sebelumnya, Senin (12/8/2019), warga setempat juga menemukan bangka penyu hijau tak jauh dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Seekor penyu belimbing berukuran panjang 2 meter yang terbilang satwa sangat langka juga ditemukan terdampar dalam keadaan membusuk di Pantai Imorenggo, Galur, Rabu (14/8/2019).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat