androidvodic.com

Wacana Ibu Kota Jabar Pindah ke Walini Sudah Ada Sejak Zaman Gubernur Aher - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

News, CIKALONG WETAN - Kawasan Walini di Kecamatan Cikalong Wetan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) sebetulnya sudah lama direncanakan menjadi calon Ibukota Provinsi Jawa Barat menggantikan Kota Bandung.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kecamatan Cikalong Wetan, Hengki Manik mengatakan, wacana tersebut sudah mencuat pada masa pemerintah Gubernur Jabar sebelumnya, yakni Ahmad Heriyawan.

"Wacana memang sudah lama, hanya untuk tembusan surat resmi belum ada. Tapi survei dulu sudah ada, bahkan akan dijadikan juga pusat pendidikan," ujar Hengki saat ditemui di kantornya, Jumat (30/8/2018).

Menurutnya, Kawasan Walini itu masuk ke wilayah Desa Mandalasari dan Kanangasari dan dihuni oleh banyak penduduk di dua desa tersebut.

Baca: Jelang Bhanyangkara FC vs Persebaya Liga 1, Yeyen Sudah Pelajari Permaianan Bajul Ijo

Baca: Kholisa Siti M vs Tiara Naura di Final U-14 Indonesia WTA Future Stars 2019

Baca: Gasak Rokok, Komplotan Perapok di Indomaret Ungaran Berhasil Diringkus Polisi

"Di dua desa itu memang banyak penduduk, untuk ke sebelah selatan masuk Desa Mandalasari dan kesebelah Barat masuk wilayah Kanangasari," katanya.

Untuk di Kecamatan Cikalong Wetan ini terdapat 13 desa, 206 RW dan 731 RT dengan jumlah penduduk mencapai 123.973 jiwa dan luas wilayahnya mencapai 112,91 kilometer persegi.

"Untuk di Kawasan Walini memang didominasi perkebunan teh. Saat ini disana sedang ada pembangunan proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung, targetnya selesai tahun 2020," katanya.

Pihaknya sangat mendukung terkait adanya wacana tersebut karena berdasrakan survei warga di Kecamatan Cikalong Wetan merasa senang jika nantinya kawasan Walini terpilih menjadi Ibukota Jawa Barat.

• Bikin Ngakak, Meme Ibu Kota Indonesia Pindah Ini Kocak, Perpindahan Ibu Kota Indonesia Masih Ramai

"Karena bisa meningkatkan tarap hidup masyarakat dan potensi sumber daya manusia juga nantinya akan meningkat," katanya.

Atas hal tersebut, kata dia, masyarakat dan pihak dari Kecamatan Cikalong Wetan sangat berharap wilayah Walini terpilih menjadi Ibukota Provinsi Jawa Barat karena bakal banyak keuntungan yang didapatkan.

Artikel ini telah tayang di tribunjabar.id dengan judul Walini Calon Ibu Kota Jabar Ternyata Wacana Lama, Sejak Zaman Ahmad Heryawan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat