androidvodic.com

BPJS Ketenagakerjaan Gelar Kuliah Umum di Kampus UMI Makassar - News

News, JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan menggelar kuliah umum di Auditorium Al-Jibran Kampus Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/9/2019).

Kuliah umum yang diikuti sekitar 700 mahasiswa UMI, mengangkat tema 'Peluang dan Tantangan Mahasiswa di Era Digital' yang dibawakan oleh Dewan Pengawas BPJS Ketenegakerjaan, Poempida Hidayatulloh.

Poempida Hidayatulloh menjelaskan perkembangan teknologi semata-mata tidak menghilangkan kesempatan mahasiswa dalam terjun ke dunia kerja.

Sebab masih banyaknya potensi lain yang melahirkan peluang lain.

"Mahasiswa sebagai generasi-generasi penerus bangsa harus memiliki inovasi dan solutif atau menciptakan inovasi dan solutif dalam menghadapi era digital,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Saat ini, Jepang telah meluncurkan program Society 5.0. Lalu apa itu Society 5.0?

Society 5.0 adalah konsep teknologi masyarakat yang berpusat pada manusia dan berkolaborasi dengan teknologi (AI dan IoT) untuk menyelesaikan masalah sosial yang terintegrasi pada ruang dunia maya dan nyata.

Jadi pada dasarnya Society 5.0 merupakan era baru dalam kehidupan bermasyarakat yang sudah terintegrasi dengan sistem teknologi berupa IoT (Internet Of Things) dan AI (Kecerdasan buatan) yang dapat memproses big data dan menganalisa data tersebut.

Dia mencontohkan, di bidang pengiriman dengan adanya belanja online di internet.

"Bayangkan berapa hari anda harus menunggu untuk mendapatkan pesanan online anda? atau apakah kurir bisa sampai dengan cepat rumah anda dengan cepat apabila rumah anda berada jauh dari pusat kota? ataupun rumah anda sulit dijangkau karena berada pada pegunungan? nah dengan teknologi Society 5.0 memungkinkan barang yang anda pesan secara online bisa sampai dengan cepat dan tepat sasaran, dengan bantuan teknologi AI dan IoT, sistem AI mengontrol Drone untuk mengirimkan pesanan anda sampai pada tujuan dengan cepat dan tepat. Hal-hal seperti inilah yang harus mulai dipikirkan dan ditanamkan kepada Generasi Muda Indonesia," jelas Poempida.

Pada kuliah umum tersebut juga diisi dengan Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan yang dibawakan langsung oleh kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Makassar Dodit Isdiyono.

"Dalam kehidupan ini semua beraktivitas, dalam melakukan aktivitas apalagi aktivitas pekerjaan alangkah baiknya jika memiliki perlindungan Jaminan sosial antara lain Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian JKM, Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP) agar kita semua merasa tenang dalam melakukan aktivitas tersebut," jelas Dodit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat