androidvodic.com

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Sungai Kapuas, Petani Temukan Hal Tak Biasa Pada Insang Ikan - News

Ribuan Ikan Mati Mendadak di Sungai Kapuas, Petani Temukan Hal Tak Biasa Pada Insang Ikan

PONTIANAK - Ribuan ikan di keramba tepian Sungai Kapuas mati mendadak.

Hal ini diduga akibat perubahan kadar air sungai yang mendadak, membuat ikan di kerambak tidak bisa bertahan.

"Perubahan kadar air ini selalu menjadi momok bagi kami petani keramba. Akibat perubahan air ini ribuan ikan tangkaran tambak pada mati semua," tutur seorang petani keramba wilayah Pontianak Timur, Ahmad, Minggu (13/10/2019).

Petani keramba lainnya, Mustafa mengaku malah telah merugi hingga Rp 30 juta dalam dua hari akibat perubahan air ini.

Pemilik tambak ikan di aliran Sungai Landak di wilayah Kecamatan Pontianak Utara tersebut menduga satu di antar faktor kematian puluhan ribu ikannya itu akibat dampak karhutla beberapa waktu lalu.

Di mana asap, serta lumpur di lokasi karhutla yang mengalir di guyur hujan mencemari sungai dan membuat ikan ikannya mati.

Mustafa mengungkapkan bahwa kejadian serupa juga pernah terjadi empat tahun lalu, di mana ikan ikannya mati mendadak tanpa adanya tanda-tanda apapun.

Hanya saja, air sungai di kala surut yang berwarna hitam pekat bercampur lumpur lah yang menurutnya penyebab kematian ikan.

“Di setiap ikan yang mati, pada bagian insangnya selalu terdapat lumpur warna coklat kehitaman. Kita menduga ikan sulit bernapas dan kemudian mati,” ujarnya.

Akibat kematian puluhan ribu ikannya ini, ia pun terpaksa memanen ikan-ikan lebih awal untuk menghindari kerugian yang lebih besar.

Halaman Selanjutnya >>>>>>>>>>>>>

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat