androidvodic.com

Kapolda Ingatkan Personelnya Tidak Lengah, Harus Selalu Waspada Jaga Keamanan Papua - News

News, JAKARTA - Situasi Papua lebih khusus Wamena berangsur pulih pasca kerusuhan yang merenggut puluhan nyawa dan menghanguskan ratusan bangunan 23 September lalu.

Ribuan pengungsi yang sempat eksodus meninggalkan kota tua di wilayah pegunungan Papua itu, sudah mulai kembali dan beraktivitas.

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta personil dijajarannya untuk tetap siaga dan waspada serta tidak lengah dalam menjaga keamanan Papua.

Baca: Keunikan Najwa Shihab yang Jarang Diketahui, Miliki DNA dari 10 Nenek Moyang dari Berbagai Daerah

Baca: Bahas Penusukan Wiranto Settingan, Karni Ilyas Sayangkan Pihak RSPAD yang Tak Mau Hadir di ILC

Baca: Jenderal Andika Jamin Karier Anggota yang Kena Sanksi

“Kondisi Wamena yang sudah kondusif, jangan lantas membuat lengah para personil, harus tetap waspada dan selalu siaga. Karena hanya dengan itu kita bisa mengeleminir atau mencegah terjadinya potensi gangguan keamanan,”ujar Kapolda, Rabu (16/10/2019).

Sikap waspada dan siaga bukan hanya ditujukan bagi personil yang bertugas di Wamena dan sekitarnya saja, namun seluruh Papua.

“Ada sejumlah titik yang rawan potensi gangguan, seperti Timika, Nabire dan Paniai. Jadi saya ingatkan lagi bagi semua personil jangan lengah, selalu waspada. Kita ada memang untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat,”tandasnya.

Mengenai masih adanya peristiwa kriminal di Wamena beberapa hari lalu, Kapolda mengatakan, pihaknya dan TNI sudah berupaya menjaga keamanan secara terpadu. Namun, masih saja ada pihak-pihak yang ingin menciptakan kekacauan.

“Mereka sedang kami kejar, dan masih terkait dengan kerusuhan 23 September lalu. Dan yang jelas kami tidak akan kendor dalam memburu mereka,” tegas Kapolda.

Untuk mencegah hal serupa terulang, saat ini Polisi dan Tentara mengerahkan segala kekuatan dan menambah pos-pos pengamanan.

“Saya dengan Pangdam Cenderawasih sudah konsolidasi semua kekuatan dengan menambah pos-pos keamanan, dibawahkomando Satgas di sana. Ada Danrem, Dandim, Polres dan komando sektor. Dan anggota kami ingatkan di beberapa titik, agar sigap, dan tingkatkan patroli,”ungkap Kapolda.

Polda juga menambah armada roda dua dan roda empat guna meningkatkan patroli rutin di Wamena dan sekitarnya.

“Hadirnya motor patroli akan meningkatkan mobilitas patroli keliling. Ini bisa semakin memberi ketenangan bagi masyarakat untuk menempati tempat tinggal mereka, terutama yang belum terbakar,”terang Kapolda.

Kepada masyarakat yang masih berada di lokasi pengungsian, Kapolda menghimbau, agar segera kembali dan beraktivitas seperti biasa. Situasi sudah kondusif dan keamanan sudah berlapis, dengan penambahan personil dan pos-pos keamanan.

“Imbauan saya kepada masyarakat yang masih ada di beberapa titik pengungsian seperti, gereja, Kodim, POM dan Polres maupun Polsek segera saja kembali karena kami sudah tambah kekuatan untuk memberi rasa aman,”ajak Kapolda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat