androidvodic.com

Polisi Ungkap Peredaran Sabu di Tanahlaut, Pelaku Ibu Rumah Tangga Hingga Guru Agama - News

Laporan Wartawan Banjarmasinpost Milna Sari

News, PELAIHARI - Polres Tanahlaut membekuk puluhan kurir dan pengedar narkoba di Tanahlaut.

Total ada 22 orang yang terjaring dalam Operasi Antik Intan 2019.

Menariknya antara pengedar dan penjual jumlahnya hampir seimbang, bahkan kurir juga datang dari kalangan ibu rumah tangga.

Salah satu kurir narkoba jurusan Tanahlaut, Nurhani mengaku mengantarkan barang ke Tanahlaut tanpa ia ketahui isi dari barang tersebut.

Ia dibekuk di Banjarmasin di tempat biasanya ia melakukan transaksi.

Ibu rumah tangga asal Banjarmasin ini menjadi satu diantara empat perempuan yang terjaring dalam operasi antik intan.

"Kurir dan pengedar jumlahnya hampir sama saja," ujar Kabag Ops Polres Tala Akp Novi Adiwibowo, Kamis (31/10/2019) di Mapolres Tala.

Tak hanya kalangan ibu rumah tangga, barang haram juga ditemukan di tangan oknum guru madrasah Aliyah swasta di Tanahbumbu.

Hasil operasi antik intan 2019 di wilayah hukum Polres Tala di berbagai Polsek telah mengungkap sejumlah peredaran narkoba.

Wilayah Polsek Kurau didapat sabu-sabu seberat 0,06 gram, Polsek Tambang Ulang 0,04 gram, Polsek Pelaihari 0,01 gram, Polsek Takisung 0,72 gram, Polsek Panyipatan 0,11 gram.

Kemudian Polsek Jorong 4,40 gram, Satpolair 0,06 gram, dan yang terbesar di Polsek Kintap seberat 51,28 gram.

“Total kasus untuk narkoba sabu-sabu sebanyak 18 kasus dengan tersangkanya sebanyak 22 orang, dan barang bukti uang sebesar Rp 650.000. Total uang dari barang haram ini sekitar Rp 150 juta,” jelasnya.

Barang haram itu jelas AKP Novi kebanyakan datang dari Banjarmasin dan Tanahbumbu untuk diedarkan di Tanahlaut. Diduga narkoba dikendalikan oleh bandar dari LP Teluk Dalam Banjarmasin dan LP Cempaka Banjarbaru.

Sabu-sabu dan ineks kemudian dimusnahkan dengan cara diblender bersamaan. Pemusnahan barang bukti juga di lsaksikan Pengadilan Negeri, Kejaksaan serta Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Tanah Laut.

Hasil pemusnahan narkoba selanjutnya dibuang ke dalam safety tank di kantor Polres Tala serta di saksikan langsung oleh para tersangka. 

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Polisi Ungkap Pengedar Sabu di Tanahlaut Mulai dari Ibu Rumah Tangga Hingga Guru Agama

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat