androidvodic.com

Pengedar Uang Palsu Resahkan Warga di HSS, Begini Modusnya - News

Laporan Wartawan Banjarmasin Post Hanani  

News,  KANDANGAN -  Sejumlah pemilik warung dan kios di Kecamatan Daha Utara Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dibuat resah.

Pasalnya, pengedar uang palsu berkeliaran.

Pelaku berbelanja membeli suatu barang dalam jumlah sedikit, lalu menyerahkan uang pecahan 50 ribu.

Pemilik kios yang tak teliti memberikan kembalian, selanjutnya baru sadar ada yang aneh dengan uang yang diserahkan pembeli  tak dikenal tersebut.

Informasi yang diperoleh banjarmasinpost.co.id, aksi pengedar uang palsu tersebut terjadi Minggu 27 Oktober 2019 lalu di Desa Pandak Daun. Dua perempuan menggunakan sepeda motor mampir kesebuah warung.

Perempuan tersebut selain pakai helm, wajahnya ditutup masker, dan banyak membawa barang belanjaan.

DI warung Desa Pandak Daun itu, dua perempuan tersebut belanja sesuatu Rp 8.000, lalu menyerahkan uang pecahan Rp 50.000 kepada pemilik warung.

 “Saat hendak menyerahkan kembaliannya, istri pemilik kios langsung mencegah karena mengenali itu uang palsu. Akhirnya uang palsu itu dikembalikan kepada perempuan tadi. Saat ditanya, mereka berdua pura-pura tidak tahu, dan bilang dikasih suaminya yang baru gajian. Dia juga menujunjukkan uang lainnya dalam dompet yang jumlahnya cukup banyak.  Tapi tidak jadi membeli di warung tetangga saya tadi,”ungkap Husen, warga Pandak Daun.

Selain di Pandak Daun,  kasus yang sama terjadi di Desa Baruh Kemban. Pelaku yang diduga pengedar uang palsu  belanja ke sebuah kios di desa tersebut Rp 5.000 dan menyerahkan Rp 100 ribu.

Pemilik warung di desa tersebut mengembalikan Rp 95 ribu.

Tapi setelah pembelinya pergi, pemilik warung merasa ragu keaslian uang yang diterimanya dari pembeli tersebut. Lalu, bertanya ke saudaranya.

 “Setelah diteliti berdasarkan ciri rupiah asli, akhirnya diyakini uang yang dibelanjakan pembeli tadi palsu.  Setelah dicari orangnya dengan berupaya menyusul naik sepeda motor, sudah kehilangan jejak,”tutur Waliudin, tetangga pemilik warung.

Disebutkan kasus tersebut terjadi sekitar tiga hari yang lalu, sehingga pemilik warung pun harus lebih teliti lagi saat menerima uang dari pembeli.

Meski demikian, menurut Waliudin, kasus tersebut tak dilaporkan ke Polsek setempat. 

Artikel ini telah tayang di banjarmasinpost.co.id dengan judul Pengedar Uang Palsu Resahkan Warga di HSS, Modusnya Berbelanja di Warung

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat