androidvodic.com

KM Jaya Makmur 33 Ditemukan di Pulau Mapur Setelah Sempat Hilang Kontak, Enam Awak Kapal Selamat - News

News, ANAMBAS - Kapal Motor (KM) Jaya Makmur 33 milik Purnomo yang hilang kontak dalam perjalanan dari Tanjungpinang menuju Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri akhirnya ditemukan.

Sempat hilang kontak di sekitar perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan, kapal dengan bobot 96 Gross Ton (GT) yang diketahui memuat material bangunan ini ditemukan oleh Tim Rescue RB 209, Senin (2/12/2019) sekitar pukul 15.30 WIB.

Enam awak kapal Jaya Makmur 33 dalam keadaan selamat saat ditemukan dengan posisi 00 32' 24.2"N - 104 56' 04.3 E +- 15.7 Nautical Mile (NM) arah Tenggara Pulau Numbing, Kabupaten Bintan.

"Benar sudah ditemukan di sekitar Pulau Mapur. Awak kapal semua dalam keadaan selamat," ujar Kepala Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel S.Sos, Selasa (3/12/2019).

Mexianus menyebutkan, KM Jaya Makmur 33 sebelumnya mengalami mati mesin di sekitar Pulau Mapur dan terombang-ambing terbawa arus ke perairan Pulau Numbing.

Kapal Motor (KM) Jaya Makmur 33 yang dilaporkan hilang kontak oleh pemilik kapal, Purnomo kepada pihak Basarnas. Kapal berbobot 96 Gross Ton (GT) membawa material bangunan dari Tanjungpinang ke resort Internasional Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri.
Kapal Motor (KM) Jaya Makmur 33 yang dilaporkan hilang kontak oleh pemilik kapal, Purnomo kepada pihak Basarnas. Kapal berbobot 96 Gross Ton (GT) membawa material bangunan dari Tanjungpinang ke resort Internasional Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri. (Istimewa)

Kapal sempat ditarik menuju Pulau Numbing dan menunggu kapal KM Hasil Laut Jaya tiba untuk melaksanakan penarikan.

Kerusakan mesin di KM Jaya Makmur 33 pun, sempat diperbaiki Minggu (1/12/2019), sekitar pukul 17.45 WIB kapal kembali melanjutkan pelayaran selama lebih kurang dua jam.

Kapal yang diketahui bertolak dari Tanjungpinang Kamis (28/11/2019) sekitar pukul 05.00 dini hari, diperkirakan tiba di Pulau Bawah dengan dua hari menempuh perjalanan laut.

"Setelah mendapat perbaikan dan melanjutkan perjalanan, pemilik kapal masih bisa berkomunikasi dengan awak kapalnya. Sesuai jadwal, kapal tiba di Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas Disitu pemilik kapal Purnomo masih dapat berkomunikasi dengan awak kapalnya. Seharusnya kapal tiba di lokasi tujuan yaitu Pulau Bawah sekitar pukul 11 siang. Namun kapal tidak sampai di tujuan," ungkapnya.

Baca: KM Jaya Makmur 33 Dikabarkan Hilang Kontak dalam Perjalanan Menuju Pulau Bawah Anambas

Baca: GAMKI Dukung Segera Disahkannya RUU Daerah Kepulauan

Selain Basarnas, pihak Polair Polres Bintan, KPLP Tanjung Uban dan TNI AL membantu proses evakuasi awak kapal menggunakan kapal RB 209 dan KN Sarotama.

Sempat Hilang Kontak

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) membenarkan KM Jaya Makmur 33 yang bermuatan material bangunan hilang kontak usai berlayar dari Tanjungpinang hendak menuju Pulau Bawah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri.

Kasi Ops Basarnas Tanjungpinang, Eko Supriyanto mengatakan, pihaknya sudah menyebar informasi kapal yang hilang kontak ini kepada beberapa kapal lain.

Dengan sebaran informasi tersebut, diharapkan bila kapal sedang berlayar, dan menemukan kapal tersebut dapat memberikan pertolongan dan melaporkan segera.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat