androidvodic.com

Kereta Api Pengangkut Semen Anjlok di Blora, Lalu Lintas Dialihkan ke Jalur Tunggal - News

News, BLORA - Kereta api barang pengangkut semen anjlok dari rel di wilayah Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora, Kamis (12/12/2019) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Kami masih di TKP ini, yang jelas tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka. Soal data masinis, nama kereta kami masih menginventarisir," terang Kapolsek Jati AKP Bajuri.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) IV Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, kereta tersebut anjlok pada pukul 11.18 WIB.

KA yang melaju dari Stasiun Kampung Bandan, Jakarta menuju Stasiun Kalimas, Surabaya tergelincir hingga ke luar dari jalur rel di KM 52+926 tepatnya di jalur II Stasiun Doplang. KA barang tersebut menarik 20 gerbong berisi semen dengan berat 1.136 ton.

"Info diketahui terjadinya musibah ini berawal dari masinis kereta api barang tersebut dengan No CC 2061321. Rangkaian kereta api semen yang mengalami musibah, pada urutan gerbong ke-10 sampai dengan urutan terakhir. Tak ada korban jiwa," kata Krisbiyantoro.

Kereta api barang pengangkut semen anjlok dari rel di wilayah Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora, Kamis (12/12/2019) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.
Kereta api barang pengangkut semen anjlok dari rel di wilayah Desa Doplang, Kecamatan Jati, Blora, Kamis (12/12/2019) siang. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (KOMPAS.com/PUTHUT DWI PUTRANTO)

Dia menjelaskan, PT KAI masih berupaya mendalami penyebab anjloknya KA barang angkutan semen di jalur II Stasiun Doplang, Blora.

Menurut dia, akibat tergelincirnya KA barang dari arah Jakarta menuju Surabaya mengakibatkan kerusakan pada sejumlah konstruksi rel KA, di antaranya kerusakan material pada bantalan beton jalur KA, kerusakan besi rel dan kerusakan wesel atau alat pengatur jalur KA.

"Jadi 10 gerbong datar terguling dan satu gerbong mengalami anjlok dua AS roda (bogie depan)," kata Krisbiyantoro.

Lalu Lintas Dialihkan ke Jalur Tunggal

Sepuluh gerbong kereta api barang pengangkut semen anjlok di Stasiun Doplang, Kabupaten Blora, Kamis (12/12/2019) sekitar pukul 11.18 WIB.

Baca: Pria Bunuh Selingkuhan dan Ngaku Sempat Berhubungan Badan dengan Korban, Suami Ratmiati Bereaksi Ini

Baca: Ratmiati Tewas di Tangan Kekasih Gelap Usai Berhubungan Badan di Rumahnya

Tak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun PT KAI mengoperasikan jalur tunggal agar arus lalu lintas kereta api tetap lancar.

Manajer Humas PT KAI Daops IV Semarang, Krisbiyantoro mengungkapkan, kereta api tersebut melaju dari Stasiun Kampung Bandan, Jakarta, menuju Stasiun Kalimas, Surabaya.

Setiba di lokasi kejadian, gerbong kereta tergelincir hingga ke luar dari jalur rel di KM 52+926 tepatnya di jalur II Stasiun Doplang.

"KA barang tersebut menarik 20 gerbong berisi semen dengan berat 1.136 ton. Yang tergelincir mulai gerbong sepuluh hingga gerbong terakhir," jelas Krisbiyantoro saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Baca: Kereta Barang Angkut Semen Terguling di Blora

Baca: Viral Jenazah Diangkut Sepeda Ontel Menuju Pemakaman, Ternyata Begini Ceritanya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat