androidvodic.com

Gugur saat Bertugas di Papua, Bharada Doni Dapat Kenaikan Pangkat Luar Biasa - News

Laporan Wartawan News Theresia Felisiani

News, JAKARTA - Institusi ‎Polri berduka atas gugurnya anggota Brimob yang bertugas di Papua, Bharada Doni Priyanto (23).

Bharada Doni, anggota Organik Bataliyon A Resimen III Korps Brimob Polri gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) ‎di Kali Kabur, Arwanop, Distrik Tembagapura, Kab Mimika, Papua, Jumat (28/2/2020).

Baca: Bharada Doni Priyanto Gugur Tertembak KKB, Polisi Pantau Pergerakan Kelompok Egianus Kogoya

Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal mengatakan korban mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa atau (KPLB) karena gugur saat bertugas.

"Kami berbela sungkawa. Atas jasanya, korban dianugerahi pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Bharatu Anumerta Doni," ungkap AM Kamal saat dihubungi News, Sabtu (29/2/2020).

‎Kamal melanjutkan jenazah korban dievakuasi ke RSUD Mimika dari Distrik Tembagapura lalu dibawa ‎ke Jawa Timur, kampung halamannya.

"Bharatu Doni merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Orang tuanya petani dan dia adalah tulang punggung keluarga‎," tambah AM Kamal.

Baca: Anggota Brimob Gugur Tertembak Setelah Tiga Jam Kontak Senjata dengan KKB di Mimika

Sebelumnya Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpau mengakui tengah memantau pergerakan KKB kelompok Egianus Kogoya yang menuju Tembagapura untuk bergabung dengan KKB pimpinan Lekagak Telenggen.

Jenderal bintang dua ini menegaskan tengah berkoordinasi dengan Tim Satgas Penindakan untuk mengejar KKB ‎yang terus berulah di Papua hingga mengakibatkan gugurnya anggota Polri maupun TNI.

Dalam proses evakuasi

 ‎Jenazah Bharada Doni Priyanto (23), anggota Brimob yang gugur dalam kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) tengah dievakuasi untuk dibawa ke Jawa Timur, kampung halamannya.

"Saat ini masih dalam perjalanan dievakuasi ke RSUD Mimika dari Distrik Tembagapura lalu dibawa ‎ke Jawa Timur, kampung halamannya," ucap Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal saat dihubungi News, Sabtu (29/2/2020).

Baca: KKB Papua Pimpinan Egianus Kogoya Kembali Serang Pos TNI, Satu Orang Tewas

Kamal melanjutkan korban merupakan anggota Organik Bataliyon A Resimen III Korps Brimob Polri yang ketika kejadian bertugas menjaga keamanan di wilayah Kabupaten Mimika, Papua.

Korban tewas dalam kontak senjata selama beberapa jam di Kali Kabur, Arwanop, Distrik Tembagapura, Kab Mimika, Papua, Jumat (28/2/2020).

Baca: Asal-usul Bendera KKB Papua Bintang Kejora, Ternyata Buatan Belanda dan Dipakai Logo Klub Sepak Bola

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat