androidvodic.com

Polres Majalengka Siapkan Aplikasi e-PMR untuk Penanganan Virus Corona - News

News - Polres Majalengka Polda Jawa Barat terus melakukan berbagai upaya penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 di Indonesia, khususnya di Kabupaten Majalengka.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prakoso, menjelaskan, upaya penanganan dan pencegahan dilakukan dengan membentuk tim reaksi cepat dan posko siaga penanganan Covid-19.

“Tim ini bekerja sama dengan BPBD dan Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka sebagai upaya pencegahan virus corona di Kabupaten Majalengka,” terang AKBP Bismo Teguh Prakoso, Kamis (19/3/2020).

Polres Majalengka juga sudah siap dengan sarana prasarana seperti APD (Alat Pengaman Diri), alat semprot desinfektan, hand sanitizer, masker, sarung tangan, posko, mobil ambulance dan alat pengukur suhu tubuh.

Baca: Seputar Obat Avigan yang Dikabarkan Ampuh Atasi Virus Corona: 4 Hari Pasien Positif Jadi Negatif

Baca: Emosi Disebut Loyo, Pria Ini Cekik PSK Hingga Tewas di Subang

Baca: Viral Video Maling Kotak Amal Berpakaian Hitam Terekam CCTV Beraksi di Masjid Surabaya

Bahkan setiap ruangan di Mako Polres Majalengka, seluruh Polsek jajaran, tempat Pelayanan Publik seperti SPKT, SIM, SKCK telah disediakan hand sanitizer, sabun antiseptik dan petugas yang melakukan pengukuran suhu tubuh.

Lebih dari itu, Polres Majalengka juga menggelar simulasi tentang evakuasi pasien yang terpapar virus Corona. Simulai dilakukan di halaman Mapolres Majalengka pada Kamis 19 Maret 2020.

Menurut Kapolres, simulasi merupakan upaya untuk mengedukasi, terutama kepada anggota ketika menangani warga yang terinfeksi Covid-19.

“Guna meningkatkan kesiapsiagaan anggota dalam penanganan pasien yang diduga terjangkit virus corona. Selain itu juga sebagai langkah antisipasi bila ada pasien dalam pengawasan Covid-19,” papar Kapolres bergelar doktor ini.

Menariknya lagi, Polres Majalengka juga menyediakan aplikasi berbasis teknologi yang diberi nama Electronic Polres Majalengka Raharja (e-PMR) untuk penanganan virus corona.

Aplikasi yang bisa diunduh dari play store itu memiliki berbagai macam fitur, salah satunya adalah tombol darurat atau panic button.

“Terkait dengan info masyarakat, salah satunya jika ada masyarakat yang memiliki keluhan kesehatan, demam tinggi, batuk, pilek dan sebelumnya memiliki riwayat berinteraksi dengan daerah terjangkit covid-19, masyarakat bisa menggunakan fitur tersebut,” urai Kapolres.

Laporan masyarakat akan direspon cepat oleh operator e-PMR, kemudian dilanjutkan ke personel yang siap gerak cepat melayani masyarakat yang membutuhkan pelayanan.

“Jadi Polres Majalengka bersama instansi terkait bisa jemput bola ke lokasi untuk menolong warga, selanjutnya membawa warga tersebut ke puskesmas atau RSUD Rujukan,” tambahnya.

Kapolres berharap agar masyarakat tidak usah takut tapi tetap waspada. “Semoga apa yang kita kerjakan ini bisa membantu masyarakat agar tidak panik namun tetap waspada dan tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa,” kata Kapolres.

Baca: Seputar Obat Avigan yang Dikabarkan Ampuh Atasi Virus Corona: 4 Hari Pasien Positif Jadi Negatif

Baca: Emosi Disebut Loyo, Pria Ini Cekik PSK Hingga Tewas di Subang

Baca: Viral Video Maling Kotak Amal Berpakaian Hitam Terekam CCTV Beraksi di Masjid Surabaya

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Polres Majalengka Gunakan e-PMR dalam Penanganan Covid-19, #/2020/03/19/polres-majalengka-gunakan-e-pmr-dalam-penanganan-covid-19.


Terkini Lainnya

  • Polres Majalengka juga menyiapkan aplikasi berbasis teknologi bernama Electronic Polres Majalengka Raharja (e-PMR) untuk penanganan virus corona

  • Daftar Nama 20 Korban Tewas dan 51 Hilang dalam Longsor Tambang Emas di Gorontalo

  • BERITA TERKINI

  • berita POPULER

Tautan Sahabat