androidvodic.com

Napas Buatan Tak Membantu, Jailani Akhirnya Tewas Usai Menolong Teman yang Terjatuh ke Dalam Sumur - News

Laporan Wartawan Serambi, Sa’dul Bahri

News, MEULABOH - Detik-detik meninggalnya dua warga Desa Bukit Jaya, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat di dalam sumur sedalam 10 meter pada Sabtu (18/7/2020) siang, cukup dramatis.

Pasalnya, salah seorang korban yakni Jailani (42), sempat diberi napas buatan oleh warga setempat setelah tubuhnya berhasil diangkat dari dalam sumur, sebelum kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Namun Yang Maha Kuasa berkehendak lain. Jailani yang sejatinya turun ke sumur itu dengan niat mulia untuk menolong Marhaban (45), yang terbaring kaku di dalam sumur akhirnya menghembuskan napas terakhir.

Baca: Menghilang Dua Hari, Syarif Ditemukan Tewas di dalam Sumur

Hal ini terungkap dari kronologis kejadian yang diceritakan Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda melalui Kapolsek Meureubo, Ipda Suherman kepada Serambinews.com, Sabtu (18/7/2020).

Kapolsek menceritakan, sekira pukul 09.00 WIB, korban atas nama Marhaban (45) membersihkan sumur milik Silin dan ia menggunakan tangga untuk turun ke dalam sumur tersebut.

Sekira pukul 12.00 WIB, seorang warga bernama Sangidi (55) melihat korban sudah terjatuh ke dasar ke sumur yang sebenarnya kering alias tidak ada air.

Spontan, Sangidi berusaha menolong Marhaban dengan cara ikut masuk ke dalam sumur tersebut, namun kemudian ia menyerah dan ke luar lagi dari dalam sumur karena sudah merasakan sesak.

Lantas Sangidi meminta tolong kepada warga lainnya di daerah itu.

Selanjutnya, lanjut Ipda Suherman, korban kedua Jailani langsung masuk ke dalam sumur tanpa menggunakan alat atau tali. Tidak disangka, Jailani juga ikut terjatuh ke dasar sumur tersebut.

"Setelah itu, datang warga lainnya bernama Purwono (44), guna membantu Jailani yang terjatuh, namun yang bersangkutan juga tidak kuat lalu ke luar dan sempat tidak sadar diri setelah sampai di atas sumur," ujarnya.

Sekitar pukul 12.30 WIB, datang warga lainnya Siwin yang masuk ke dalam sumur tersebut dan mengangkat Jailani hingga sampai ke atas.

Baca: Wanita Tegal Ini Kaget Lihat Istrinya Berada Dalam Sumur dalam Kondisi Meninggal Dunia

"Jailani sempat diberi napas buatan oleh Agung, lalu dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Iskandar Muda di Ujong Patihah, Kecamatan Kuala. Tapi sesampainya di rumah sakit, Jailani dinyatakan telah meninggal dunia," ucapnya.

Baru sekitar pukul 12.55 WIB, tim SAR dan BPBD Aceh Barat tiba dan masuk ke dalam sumur untuk mengevakuasi Marhaban yang diduga sudah meninggal dunia, namun tetap dibawa ke rumah sakit guna pemeriksaan lebih lanjut.

"Kedua jenazah pada hari itu telah dibawa pulang dari rumah sakit ke rumah duka masing-masing guna untuk dikebumikan di sana. Kedua korban diduga akibat kekurangan oksigen, sehingga meninggal di dalam sumur," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di serambinews.com dengan judul Dramatis! Warga Sempat Beri Napas Buatan kepada Seorang Korban Usai Diangkat dari Dalam Sumur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat