androidvodic.com

Buaya Raksasa Sepanjang 4,5 Meter Tak Berdaya Terjebak di Parit Tanjabtim - News

News, MUARASABAK -- Seekor buaya raksasa menggemparkan warga T 19 Dusun Keman, Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim).

Pasalnya, buaya berukuran panjang 4,5 meter tersebut muncul ke darat hingga terjebak di anak parit tepi sungai.

Awal mula penemuan buaya di Tanjabtim sepanjang 4,5 meter yang terjebak di parit primer tersebut ditemukan oleh Ramlan dan Jirin warga setempat, Rabu (2/9/2020) pukul 05.00 WIB.

Saat kejadian anjing peliharaan miliknya menyalak terus-menerus, sehingga menimbulkan penasaran pemilik untuk melihat ke lokasi sungai.

Baca: Terlihat Awet Muda, Yuni Shara Punya Kebiasaan Maskeran dengan Lidah Buaya

"Anjing itu menggonggong sambil mengejar buaya tersebut, sehingga Pak Ramlan dan Pak Jirin mendatangi lokasi anjing tersebut. Buaya itu tidak bisa kemana-mana lagi, karena sudah terjebak di parit kecil," ujar Kepala Desa Catur Rahayu, Suprianto.

Lanjutnya, usai temuan tersebut Ramlan dan Jirin memberitahukan kepada warga lainnya. Selanjutnya melaporkan kepada pihak BKSDA Provinsi Jambi.

Sambil menunggu datangnya petugas BKSDA, warga setempat mengamankan terlebih dahulu buaya tersebut dengan cara mengikat mulut dan kakinya.

"Setidaknya kita melakukan penanganan awal, karena banyak warga yang datang untuk melihat, apalagi anak-anak. Takutnya nanti bisa membahayakan bagi anak-anak," jelasnya.

Baca: Dipancing dengan Bangkai Ayam, Buaya Sepanjang 4,3 Meter yang Menewaskan IRT Ditangkap Warga

Sebenarnya, tambah Kades, buaya di desanya kerap menampakkan diri, sehingga warga sekitar sering resah.

Terakhir pada tahun 2005 silam, sebanyak 5 orang yang sudah dimangsa buaya, yakni tiga orang selamat dan dua orang meninggal dunia.

"Dua orang yang meninggal, satu dapat ditemukan dan satu orang lagi tidak ditemukan. Kejadian orang yang diterkam, itu berturut-turut terjadi setiap tahun waktu itu menjelang bulan puasa," tuturnya.

"Kalau hewan-hewan ternak warga juga sering dimakan buaya itu, seperti kambing dan anjing," tambahnya.

Mencari Tempat Bertelur

USAI dievakuasi pihak BKSDA Provinsi Jambi, petugas menjelaskan alasan buaya muara tersebut nyasar ke permukiman warga di Desa Catur Rahayu, Kecamatan Dendang, Kabupaten Tanjabtim.

Baca: Cerita Pawang Tangkap Buaya Besar yang Menewaskan Warga Mamuju, 10 Ekor Anak Buaya Ikut Ditangkap

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat