androidvodic.com

Uniknya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai, Ada 5 Underpass Perlintasan Gajah, Lokasi Dekat Suaka Margasatwa - News

News, PEKANBARU - Provinsi Riau resmi memiliki jalan tol, setelah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Bogor, Jumat (25/9/2020) siang.

Jokowi berharap jalan tol Pekanbaru-Dumai (Permai) sepanjang 131,5 kilometer yang mulai dibangun sejak 2017 itu bisa jadi modal untuk mengembangkan peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat.

"Saya titip kepada pemerintah daerah dan masyarakat Pekanbaru-Dumai agar memanfaatkan insfrastruktur ini sebaik-baiknya. Jadikan modal untuk mengembangkan lebih banyak lagi peluang usaha dan sarana untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat," kata Jokowi saat peresmian.

Peresmian tol Permai itu berlangsung di pintu gerbang tol Dumai, Bagan Besar, Bukit Kapur, Kota Dumai, di tengah guyuran hujan.

Di sana hadir Menteri PUPR Basuki Hhadimuljono bersama Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Wali Kota Dumai Zulkifli As, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit, dan Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto.

Sedangkan di Istana Bogor, Presiden Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Seekor gajah jantan mati terjerat perangkap babi Gle Cut Gampong Tuha Lala, Kecamatan Mila, Pidie.
Seekor gajah jantan mati terjerat perangkap babi Gle Cut Gampong Tuha Lala, Kecamatan Mila, Pidie. (SERAMBINEWS.COM/ MUHAMMAD NAZAR)

Jokowi mengungkapkan, pembangunan tol Pekanbaru-Dumai yang terdiri atas enam seksi itu sudah menelan anggaran sebesar Rp 12,18 triliun.

"Tol ini telah rampung dan telah selesai dan dapat dioperasikan secara penuh dan sudah bisa digunakan untuk mendukung kegiatan produktif. Baik untuk masyarakat Riau, maupun untuk masyarakat yang melintasi Sumatera," katanya.

Jokowi mengungkapkan, tol Pekanbaru-Dumai merupakan bagian dari tol trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer yang membentang dari Lampung sampai Aceh sebagai koridor utama.

"Ini akan meningkatkan konektivitas antara Kota Pekanbaru sebagai ibu kota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dengan industri perminyakan dan agribinis yang maju," ujarnya.

Jokowi berharap dengan diresmikannya tol itu, dapat memperpendek jarak tempuh dari Pekanbaru ke Dumai dan sebaliknya.

Baca: Jam 06.00 Pagi Ini Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Mulai Beroperasi, Biaya Masuk Tol Gratis

"Dari sebelumnya 200 kilometer jika lewat jalan nasional, menjadi hanya 131 kilometer jika ditemput lewat jalan tol," katanya.

Dengan kondisi ini, kata Jokowi, maka truk-truk bermuatan sawit, minyak, logistik, hingga angkutan penumpang akan lebih efisien dari segi waktu dan biaya.

"Saya juga dapat laporan tol Pekanbaru-Dumai ini juga dapat mengundang minat investasi untuk mengembangkan usaha di sekitar jalur tol," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat