androidvodic.com

Menko PMK Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Dalang Ki Seno Nugroho - News

News, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyampaikan duka cita atas wafatnya Ki Seno Nugroho pada Selasa (3/11/2020) malam.

Dalang wayang kulit asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho, meninggal dunia pada usia 48 tahun.

"Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un. Saya mengucapkan duka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya dalang muda asal Yogyakarta, Ki Seno Nugroho," ucap Muhadjir dalam keterangan tertulis pada Rabu (4/11/2020).

Ki Seno Nugroho
Ki Seno Nugroho (Kompas.com)

Muhadjir mengungkapkan telah beberapa kali menyaksikan pertunjukan yang digelar Ki Seno Nugroho.

Dia mengenang almarhum Ki Seno sebagai dalang yang hebat dan tak kalah hebatnya dengan maestro perwayangan Indonesia Ki Manteb Sudharsono.

"Saya beberapa kali telah menonton pertunjukan yang digelarnya. Almarhum adalah dalang wayang kulit yang tak kalah hebatnya dengan almarhum Ki Manteb Sudharsono," ungkapnya.

"Seluruh pertunjukan yang telah digelar almarhum dan ilmu yang yang telah diajarkan pada anak didik akan menjadi amalan baik. Semoga almarhum ditempatkan di tempat yang terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," tambah Muhadjir.

Dalam rangka melestarikan budaya Jawa (nguri nguri budaya Jawa) serta dalam rangka HUT Patra Semarang yg ke-45 menggelar acara pementasan wayang kulit yang mengusung tema
Dalam rangka melestarikan budaya Jawa (nguri nguri budaya Jawa) serta dalam rangka HUT Patra Semarang yg ke-45 menggelar acara pementasan wayang kulit yang mengusung tema "Semar Bangun Kayangan" dengan dalang Ki Seno Nugroho yang berlangsung di halaman Hotel Patra Semarang, Kamis (27/6) malam. Dalam pementasan wayang ini menceritakan tentang pembangunan Kota Semarang hingga menuju kayangan. (Tribun jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Diketahui almarhum Ki Seno Nugroho telah menekuni dunia pedalangan sejak usia 10 tahun.

Belakangan, Ki Seno aktif menayangkan pentas wayang via live streaming YouTube dan menggaet para penggemar wayang di kalangan anak-anak muda.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat