androidvodic.com

Indonesia Tetap Tujuan Investasi Menarik, Mowilex Lanjutkan Pembangunan Pabrik Baru di Cikande - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Indonesia akan tetap menarik untuk investasi asing langsung (FDI) khususnya sektor industri manufaktur dari berbagai Industri jika dibandingkan dengan negara tetangga.

Salah satu alasannya, pertumbuhan kelas menengah di Indonesia juga tumbuh sangat pesat.

Hal itu dikemukakan Niko Savafi, Presiden Direktur PT Mowilex Indonesia, produsen cat premium, dalam sesi diskusi virtual dengan media, Rabu (25/11/2020).

Niko mengatakan, kondisi pandemi ikut mempengaruhi bisnis cat Mowilex di Indonesia.

"Awalnya sangat berat karena penerapan social distancing atau menjaga jarak mempengaruhi proses produksi dan distribusi. Tapi kesehatan dan keselamatan karyawan kami adalah hal yang paling penting," ujar Niko.

Karenanya, pihaknya terus melanjutkan pembangunan pabrik baru Mowilexdi atas lahan seluas 8,6 ha di Cikande, Serang, Banten.

Dari luasan 8,6 ha area pabrik, sebanyak 2,1 ha diantaranya dialokasikan untuk area gedung, 1,6 ha untuk area terbuka dan  4,6 ha sebagai area hijau.

Baca juga: 5 Warna Cat Rumah yang Bisa Datangkan Hoki bagi Penghuninya Menurut Fengshui

"Dengan kata lain, 50% leibih adalah area hijau, sebagai bentuk komitmen serius Mowilex terhadap lingkungan serta sebagai perusahaan manufaktur pertama pemegang sertifikasi karbon netral," beber Niko.

Konstruksi pabrik dikerjakan sejak November 2019 dan akan mulai beroperasi perdana secara penuh pada September 2021.

Pabrik ini dilengkapi dengan teknologi mesin HMI (human machine interface) dan otomatisasi lainnya. Tidak seperti pabrik lamanya, di mana banyak yang masih dikerjakan secara manual.

Niko juga menjelaskan, pabrik yang berkonsep ramah lingkungan ini banyak menggunakan teknologi, diantaranya adalah mesin pengolahan limbah teknologi terbaru yang lebih optimal dalam mengolah limbah.

Desain pabrik terbaru Mowilex nantinya juga akan terlihat ikonik karena tidak terlihat seperti sebuah pabrik, melainkan sebuah Mal megah nan futuristik.

Pabrik ini selain akan memiliki ruang perkantoran, akan dilengkapi juga fasililatas kebugaran untuk menunjang kesehatan para karyawan.

Baca juga: Melaju Kencang saat Hendak Pulang, Wanita Buruh Pabrik Menabrak Viar hingga Terpental dan Tewas

Esther Sugiono, Direktur Keuangan PT Mowilex Indonesia menjelaskan sebagai perusahaan cat pertama yang berbasis air, sejak awal operasinya dan perusahaan manufaktur pertama  yang memiliki sertifikasi karbon netral.

"Mowilex tetap berani melanjutkan pembangunan  di tengah pandemi karena telah memepertimbangkan berbagai hal strategis," ujarnya.

Dia menjelaskan, sektor konstruksi saat ini merupakan pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan kontribusi sekitar 10% dari PDB.

Dia menambahkan, meski pertumbuhan kuartal I 2020 turun, Indonesia cukup beruntung dengan beragam rencana pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Mowilex baru-baru memenangi tiga kategori pada  ajang TOP CSR Awards 2020 dan menjadi Best Performing Asian Company pada ajang 2020 Asia Corporate Excellence & Sustainability (ACES) Awards.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat