androidvodic.com

Bupati Kuryana Meninggal karena Covid-19, Wabup Tersandung Kasus Hukum, Siapa Bakal Jadi Bupati OKU? - News

News, PALEMBANG - Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Azis meninggal dunia dalam perlawananannya menangani pandemi Covid-19 di daerah yang ia pimpin.

Kabar yang beredar di grup-grup Whatsapp di Kabupaten OKU ini mulai ramai Senin (8/3/2021) pagi.

Humas Pemkab OKU Fery Iswan AP MPA yang dikonfirmasi via telepon membenarkan telah berpulangnya Bupati OKU Drs H Kuryana Azis.

"Benar tadi pagi pukul 06.00 di Rumah Sakit Charitas Palembang," katanya.

Kepergian orang nomor satu di Kabupaten OKU ini meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Kabupaten berjuluk Bumi Sebimbing Sekundang.

Menurut informasi, sebelumnya Bupati OKU sempat kritis dan harus memakai ventilator untuk bantuan pernapasan, namun beberapa hari kemudian kondisinya membaik.

Selama menjalani perawatan di RS Charitas Palembang Bupati OKU didampingi oleh Direktur DRSU Dr Ibnu Sutowo Baturaja dr Rynna Dyana.

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyatakan bahwa kekosongan kepala daerah di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) akan ada yang mengisi setelah meninggalnya Bupati Kuryana Azis.

Baca juga: Bupati OKU Gugur Karena Covid-19

Baca juga: Bupati Kebumen Janji Menata PKL di Kawasan Alun-alun, Diberikan Tenda, Gerobak Meja Hingga Kursi

Apalagi Wakil Bupati Johan Anuar yang seharusnya bisa melaksanakan tugas sehari-hari Bupati saat ini, masih berhalangan karena masih berstatus terdakwa dugaan korupsi tanah kuburan dan berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pakjo Palembang.

Menurut Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri Benni Irwan, dengan Bupati dan Wabup OKU saat ini berhalangan, maka tugas-tugas Bupati akan diemban oleh Sekretaris Daerah (Sekda) setempat.

"Sesuai mekanisme yang ada, Sekda akan melaksanakan tugas sehari-hari kepala daerah," kata Benni, Senin (8/3/2021).

Benni menjelaskan, sampai kapan Sekda menjalankan tugas kepala daerah yang kosong di OKU, hal itu setelah ada Penjabat yang menggantikannya, dan melanjutkan kepemimpinan di OKU.

"Sampai ada Penjabat yang ditunjuk oleh Mendagri (Menteri dalam negeri)," ucapnya.

Bupati Ogan Komering ulu (OKU) Kuryana Azis, dikabarkan meninggal Senin (8/3/2021) subuh di RS RK Charitas.

Kuryana Azis semasa hidup.
Kuryana Azis semasa hidup. (Leny Juwita/Tribun Sumsel)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat