androidvodic.com

Ada Kendala Teknis, Pesawat Citilink Putar Balik ke Bandara Soekarno-Hatta setelah 25 Menit Terbang - News

News - Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 776 rute Jakarta-Yogyakarta kembali mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, saat terbang menuju Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (12/3/2021) pagi.

VP Corporate Secretary and CSR Citilink Indonesia Resty Kusandarina mengatakan, pesawat tersebut mengalami kendala teknis.

Pesawat itu, kata Resty, lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 09.20 WIB.

Lalu, sekitar pukul 09.45 WIB atau 25 menit kemudian, pesawat tersebut kembali ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Pesawat mengalami kendala teknis sehingga segera dilakukan pengecekan pada pesawat demi alasan keamanan dan keselamatan penerbangan," papar Resty melalui pesan singkat, Jumat siang.

Setelah pesawat tersebut kembali ke landasan atau return to base (RTB), pihak Citilink mengganti pesawat itu dengan pesawat pengganti sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Resty mengatakan, seluruh penumpang pesawat itu kemudian diberangkatkan kembali sekitar pukul 11.25 WIB dan telah mendarat di Bandara Internasional Yogyakarta.

"Citilink telah melaksanakan prosedur delay management dengan memberikan kompensasi berupa makanan ringan dan minuman kepada seluruh penumpang yang terdampak," tutur dia.

Resty menyatakan, Citilink mengganti pesawat yang mengalami kendala teknis itu lantaran pihaknya mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan.

"Kami selalu berupaya mengantisipasi hal-hal yang berpotensi mengganggu keselamatan dan keamanan penerbangan," ucap Resty.

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta M Holik Muardi mengatakan, terdapat 66 penumpang di dalam pesawat tersebut.

Pesawat Citilink itu mengalami kendala teknis di skin air outlet valve.

"Ada kendala teknis pada skin air outlet valve-nya sehingga untuk menjaga keselamatan penumpang, diputuskan untuk RTB ke Bandara Soekarno-Hatta," papar Holik melalui pesan singkat, Jumat siang.

"Sejauh ini, operasional Bandara Soekarno-Hatta tetap berjalan denga normal," imbuhnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "25 Menit Terbang, Pesawat Citilink Kembali Mendarat di Bandara Soekarno-Hatta karena Kendala Teknis"

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat