androidvodic.com

300 Petugas Tetap Siaga Meski Bandara Ngurah Rai Bali Hentikan Operasional pada Hari Raya Nyepi - News

News, MANGUPURA - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menghentikan sementara operasional bandara selama 24 jam dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi 2021 pada Minggu (14/3/2021) kemarin.

Penghentian operasional dimulai pada Sabtu pagi mulai pukul 06.00 Wita hingga Senin 15 Maret 2021 pukul 06.00 Wita.

Setidaknya ada 84 penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali dihentikan sementara atau tidak dilayani selama pelaksanaan Nyepi.

Namun, selama 24 jam Nyepi terdapat pengecualian bagi penerbangan emergency landing dan medical evacuation dapat dilayani.

"Walaupun Bandara I Gusti Ngurah Rai tutup operasional sementara, petugas kami tetap standby untuk melayani penerbangan yang bersifat darurat, seperti emergency landing dan medical evacuation. Perkiraan kurang lebih ada 300 petugas yang standby selama 24 jam," ujar Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Taufan Yudhistira, saat dikonfirmasi Tribunbali.com, Minggu (14/3/2021).

Suasana airside Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (12/3/2021).
Suasana airside Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, Kamis (12/3/2021). (Tribun Bali/Zaenal Nur Arifin)

Personel yang standby itu merupakan petugas operasional harian saat Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali beroperasi, terdiri dari petugas Apron Movement Control (AMC), petugas Aviation Security (Avsec) dan petugas operasional lainnya.

Sekarang terdapat sebanyak 11 pesawat yang menginap di apron Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali atau RON (Remain Over Night/pesawat tinggal untuk bermalam).

Sebanyak 11 pesawat yang RON itu di antaranya 5 pesawat Garuda Indonesia, Lion Air Group 2 pesawat, AirAsia 2 pesawat dan 2 pesawat charter.

Dari data, diperoleh informasi bahwa sebanyak 41 penerbangan kedatangan dan 43 penerbangan keberangkatan berhenti beroperasi sementara selama 24 jam.

Baca juga: PT Angkasa Pura I Hentikan Sementara Operasional Bandara Ngurah Rai Bali Mulai Jam 06.00 Wita

Baca juga: Jam Operasional di Bandara Ngurah Rai Bali Kini Hanya Sampai Pukul 20.00 Wita

Maskapai Garuda Indonesia menjadi maskapai dengan jumlah penerbangan terdampak paling banyak, yaitu 23 penerbangan, dengan rincian 11 penerbangan tujuan Bali dan 12 penerbangan berangkat dari Bali.

Disusul oleh Citilink dan Wings Air masing-masing dengan 18 dan 12 penerbangan terdampak.

Sedangkan untuk rute dengan penerbangan terdampak paling banyak adalah penerbangan dari/ke Bandara Soekarno-Hatta (CGK) dengan 31 penerbangan, disusul penerbangan dari/ke Bandara Juanda Surabaya (SUB) dengan 10 penerbangan.

Bandara Internasional Lombok dan Bandara Komodo di Labuan Bajo berada di urutan ketiga, dengan jumlah penerbangan terdampak yang sama, yaitu 8 penerbangan.

Artikel ini telah tayang di tribun-bali.com dengan judul Saat Nyepi Sebanyak 300 Petugas Tetap Siaga di Bandara Ngurah Rai Bali

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat