androidvodic.com

Harapan Panglima TNI: Pencarian Membuahkan Hasil dan Seluruh Personel KRI Nanggala 402 Selamat - News

News - Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menyampaikan harapannya terkait hilangnya KRI Nanggala 402.

Pria kelahiran 8 November 1963 berharap kapal selam berjuluk monster laut itu berhasil ditemukan.

Termasuk juga seluruh personel KRI Nanggala 402 berhasil diselamatkan.

Keyakinan ini ia sampaikan dalam press conference-nya di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai, Kamis (22/4/2021).

"Upaya pencarian terus dilakukan oleh TNI Angkatan Laut, seluruh prajurit di lapangan sedang melaksanakan pencarian dan pertolongan KRI Nanggala 402," ujarnya.

"Di lapangan rencana akan dibantu oleh instansi pemerintah lainnya yaitu Polri, KNKT, BPPT dan Basarnas, termasuk bantuan datang dari Singapura, Malaysia dan Australia."

“Kita semua berharap upaya pencarian akan membuahkan hasil dan menumbuhkan harapan untuk menyelamatkan seluruh personel KRI Nanggala 402,” sambung dia.

Baca juga: Lanal Banyuwangi Jadi Posko Crisis Center Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala 402, Begini Situasinya

Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto yang hadir dalam press conference menambahkan saat ini TNI sedang menghadapi suatu masalah yaitu masih belum berhasil kontak dengan kapal selam kita KRI Nanggala 402.

Dan usaha-usaha pencarian sudah kita lakukan secara intensif namun memang belum membuahkan hasil.

"Saya yakin seluruh bangsa semua, hati, pikirannya, fokusnya adalah agar anak-anak kita bisa kita selamatkan secepatnya," imbuh Menhan Prabowo Subianto.

Sejumlah Kapal dan Helikopter Dikerahkan Lakukan Pencarian

Sementara itu, Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad menjelaskan terkait hilang kontaknya Kapal Selam KRI Nanggala 402 kurang lebih sekitar 60 mil dari utara perairan Bali, pada pukul 03.46 WIB KRI Nanggala 402 melaksanakan penyelaman.

Kemudian KRI Nanggala 402 pukul 04.00 WIB melaksanakan penggenangan peluncur torpedo, bukan rudal.

Pada pukul 04.25 WIB merupakan komunikasi terakhir dengan KRI Nanggala saat Komandan Gugus Tugas Latihan akan memberikan otorisasi penembakan torpedo.

Baca juga: KRI Nanggala 402 Hilang, Pimpinan Komisi III: Semoga Tuhan Melindungi Mereka

"Disitulah komunikasi dengan Nanggala 402 terputus, dan pihak TNI Laut khususnya sudah mengerahkan berbagai KRI untuk membantu pencarian dan untuk memastikan keadaan yang sebenarnya dari KRI Nanggala 402," tegas Kapuspen TNI Mayjen Achmad Riad, dalam press conference di Base Ops Lanud I Gusti Ngurah Rai mengenai hilang kontaknya KRI Nanggala 402, Kamis 22 April 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat