androidvodic.com

Polisi Tangkap Pembuat Surat Keterangan Antigen Palsu di Kapuas, Pelaku Raup Untung Jutaan Rupiah - News

News, BANJARMASIN - Polres Kapuas menangkap oknum tenaga kesehatan asal Banjarmasin karena jadi penyedia jasa surat keterangan antigen palsu atau surat keterang rapid test antigen palsu, Rabu (5/5/2021) sekira pukul 23.30 WIB.

Pelaku merupakan seorang pria berinisial MR alias Sehan (30) warga Kecamatan Banjarmasin Utara.

Sasaran pelaku adalah para sopir angkutan yang ingin masuk wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) melewati pos Penyekatan Mudik di Jembatan Timbang Kilometer 12,5 Anjir Kapuas Timur, Kabupaten Kapuas.

Diketahui, pelinas harus menunjukkan surat keterangan negatif Covid-19 dengan surat hasil pemeriksaan tes antigen atau RT-PCR.

Kebijakan itu dimanfaatkan pelaku.

Baca juga: Polda Ungkap Jaringan Prostitusi Online Anak Di Bawah Umur Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Dia membuka lapak di sebuah warung yang tak jauh dari pos penyekatan perbatasan Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Kapolres Kapuas AKBP Manang Soebeti mengatakan pelaku yang lulusan D3 Keperawatan ini membawa laptop, printer, bahkan alat tes antigen.

Pelaku mempunyai alat tes sebenarnya yang diakuinya dibeli secara online.

Alat tersebut digunakan untuk para sopir menjalani tes Covid-19.

Hanya saja surat dari klinik dipalsukan tanda tangan dokternya.

Baca juga: Jenazah Covid Dijemput Paksa di Ponorogo, Keluarga Tuding RS Lamban Tangani, Ini Jawaban Rumah Sakit

Juga surat-surat yang diberikan, bukan surat yang memang dikeluarkan klinik, melainkan yang dibuatnya sendiri.

"Pelaku ini kesehariannya bekerja di sebuah klinik di Banjarmasin, memalsukan surat seolah-olah dari klinik tempatnya bekerja," kata Kapolres menyampaikan saat rilis kasus ini di kantornya, Kamis (6/5/2021).

Dilanjutkannya, pelaku memanfaatkan momen, menawarkan jasa surat rapid antigen cepat kepada sopir yang diputar balik tak bisa melintas di pos penyekatan.

Pelaku tertangkap tangan pada saat melakukan aktivitas melakukan kegiatan swab antigen terhadap para sopir atau pengendara yang akan melintas ke wilayah Kabupaten Kapuas Kalteng.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat