androidvodic.com

Ganjar Datang, Kafe-kafe Kekinian Muncul di Dusun Girpasang - News

News - Dusun Girpasang di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah tidak lagi terisolir dan semakin populer. Kafe-kafe kekinian juga terlihat di Desa Tegal Mulyo atau di dalam Dusun Girpasang.

Selain kehadiran kafe, daerah tersebut juga memiliki bangunan khusus untuk berswafoto. Bangunan tersebut sengaja dihadirkan untuk menambah daya tarik dari objek wisata tersebut.               

"Semenjak dikunjungi pak Gubernur saat Idul Adha kemarin, di sini memang ada perubahan. Kalau dulu warga dusun Girpasang ini masih banyak yang tinggal di rumah tidak layak huni, sekarang sudah direnovasi," kata Kades Tegal Mulyo Klaten, Sutarno saat ditemui Selasa (18/5/2021).

Dusun yang hanya dihuni 12 kepala keluarga itu kini telah berubah menjadi lebih baik.

Akses menuju ke dusun itu kini sudah dilengkapi gondola kaca yang aman digunakan untuk mengangkut penumpang.

Sehingga, wisatawan bisa memilih, naik gondola sambil tes adrenalin meluncur di ketinggian 150 meter atau memilih berjalan kaki di jalan setapak yang meliuk-liuk.

Selain itu, warga juga sudah tidak terisolir dengan adanya gondola untuk mengangkut penumpang. Warga tidak perlu repot jalan kaki berjam-jam naik turun lembah untuk kepentingan darurat.

"Gondola itu kami bangun dengan anggaran dana desa dan sebagian dari bantuan dana aspirasi. Dengan adanya gondola ini, sekarang warga tidak usah repot jalan kaki," terangnya.

Selain untuk transportasi warga, gondola baru itu ternyata menarik minat wisatawan. Sutarno mengatakan, usai dikunjungi Gubernur Ganjar Pranowo kawasan Girpasang dibenahi sebagai destinasi wisata.

"Banyak pengunjung yang datang ke Girpasang. Warga kami juga merasa senang karena ekonomi tumbuh. Sekarang desa kami telah ditetapkan menjadi desa wisata," jelasnya.

Perhari lanjut dia, tak kurang dari 200 wisatawan yang datang ke dusun Girpasang. Pada akhir pekan sebelum Ramadan, pengunjung bisa sampai 600-700 perhari.

"Sekarang sudah terasa dampaknya bagi kemajuan warga kami. Warga juga memiliki semangat untuk menjadikan kawasan ini lebih baik lagi," pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo saat mengunjungi Girpasang terpukau dengan keindahan dusun itu. Ia mengatakan, Girpasang memiliki potensi untuk dikelola menjadi destinasi wisata.

"Ini bagus, saya melihat potensi yang bisa dikembangkan jadi destinasi wisata unggulan. Ini keren lho," kata Ganjar.

Ganjar saat itu meminta kepada Kades bergerak menjadikan Girpasang sebagai destinasi wisata. Ia juga meminta Kades untuk menggandeng universitas atau anak-anak muda kreatif guna membangun dusun Girpasang itu.

"Dengan begitu maka ide terbaik akan keluar dan tinggal diaplikasikan. Ini keren, viewnya keren, kearifan lokal masyarakat ada, budayanya, suasananya, ini unuk dan menarik. Pasti bagus kalau dikelola dan dipasarkan pada wisatawan," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat