androidvodic.com

Penerima Beasiswa LPDP PK-170 Gelar Edukasi Permakultur kepada Petani di Desa Sukaharja - News

Laporan Wartawan News, Hasiolan Eko P

News, BOGOR - Pertanian merupakan sektor yang berperan penting dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Menurut data Badan Pusat Statistik (2021) sejak awal pandemi, di tengah perekonomian nasional yang melesu, sektor pertanian menjadi salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan positif.

Hal ini menjadikan sektor tersebut sebagai salah satu pilar yang menopang perekonomian Indonesia.

Namun, kesejahteraan petani di Indonesia khususnya petani tanaman pangan perlu mendapatkan perhatian khusus.

Ini tercermin dari Nilai Tukar Usaha Rumah Tangga Pertanian yang mengalami penurunan pada Januari-April 2021 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

“Beberapa hal yang masih menjadi kendala petani adalah rentannya sistem pertanian monokultur terhadap keberhasilan panen dan panjangnya rantai distribusi produk sehingga menurunkan harga jualnya.

Baca juga: Resmikan IP2TP Muneng, Mentan: Pulihkan Perkenomonian Nasional Melalui Pengembangan Riset Pertanian

Salah satu aksi yang dapat dilakukan dalam upaya peningkatan kesejahteraan petani adalah dengan pengembangan metode permakultur,” ujar Viana Rahmawati, Ketua Proyek Sosial dalam keterangannya, Selasa (29/6/2021).

Permakultur adalah konsep pertanian berkelanjutan yang mengedepankan interaksi alami dalam sebuah ekosistem tani.

Berbeda dari prinsip monokultur yang berpusat pada satu jenis tanaman, konsep permakultur menggunakan pendekatan terintegrasi yang memanfaatkan interaksi alami antar berbagai jenis tanaman dengan ekosistem yang tersedia di lahan, seperti air, tanah, cahaya matahari, dan udara.

“Bahan pangan dari hasil permakultur juga dinilai memiliki lebih banyak nutrisi dan juga bebas dari bahan kimia sintetis, sehingga bermanfaat bagi kesehatan para petani maupun konsumen. Konsep permakultur juga dapat meningkatkan keberagaman hasil panen sehingga menjaga petani dari risiko gagal panen,” katanya.

Baca juga: Beasiswa LPDP 2021: Syarat, Cara Daftar, dan Jadwal Seleksi

Penerima Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Angkatan PK-170, Naradipta Arunasweta (Tim Naruna), bekerja sama dengan komunitas Jejak Langit untuk melakukan proyek sosial di Desa Sukaharja, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor.

Proyek sosial yang dinamakan ‘Naruna Mengabdi’ ini bertemakan ‘Permakultur untuk Ciomas Makmur’ bertujuan mengatasi masalah kesejahteraan petani.

“Melalui inisiatif proyek sosial ini, Tim Naruna ingin berkontribusi secara langsung dalam meningkatkan taraf kehidupan petani dengan menerapkan sistem pertanian yang berkelanjutan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat