androidvodic.com

7 Desa di Kabupaten Magelang Diguyur Hujan Abu Tipis, Aktivitas Warga Masih Aman - News

News, MAGELANG - Gunung Merapi pada Kamis (12/08/2021) mengeluarkan awan panas hingga jarak luncuran sejauh 3.000 meter ke arah barat daya.

Akibat adanya kenaikan aktivitas Gunung Merapi, beberapa wilayah di Kabupaten  Magelang tercatat terjadi hujan abu tipis di antaranya, Desa Krinjing di Kecamatan Dukun, Desa Srumbung dan Pucanganom di Kecamatan Srumbung.

Lalu, Desa Gulon di Kecamatan Salam, Desa Gunungpring di Kecamatan Muntilan. Serta Desa Sawitan dan Kelurahan Mendut di Kecamatan Mungkid.

Baca juga: Dampak Abu Gunung Merapi, Tanaman Sayur Rusak, Warga Magelang Kesulitan Cari Pakan Ternak 

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang, Edi Wasono menuturkan, aktivitas masyarakat terpantau masih aman dan tidak terganggu.

"Saat ini, kami sudah lakukan koordinasi dengan TRC Kecamatan dan masyarakat setempat. Serta pemantauan melalui alat komunikasi dan media sosial,"jelasnya melalui rilis yang diterima Tribunjogja.com, pada Kamis (12/08/2021).

Adapun berdasarkan  pemantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) pada periode pengamatan pagi ini pukul 00.00-06.00 WIB, teramati 4 kali guguran awan panas dengan jarak luncur 1.800 meter sampai 3.000 meter ke arah barat daya.

Baca juga: Ketua Umum MUI KH Miftahul Akhyar Kecelakaan Setelah Salat Subuh di Rest Area Tol Salatiga 

Pada periode ini, cuaca di gunung Merapi cerah dan berawan.

Angin bertiup sedang ke arah Barat Laut. 

Suhu udara 16-19°C, kelembaban udara 60-90 persen, dan tekanan udara 655-719 mmHg.

Aktivitas kegempaan yang terjadi di antaranya 71 gempa guguran, 1 gempa hembusan, 21 gempa hybrid/fase banyak dengan durasi 3 hingga 5 detik.

Saat ini, Gunung Merapi sampai masih berstatus siaga (level III).

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Aktivitas Gunung Merapi Naik, Sebanyak 7 Desa di Kabupaten Magelang Diguyur Hujan Abu Tipis , 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat